Selasa, 14 Januari 2014

SABAR ITU SEDERHANA

Assalaum'alaykum wr wb sahabat blogger.

Sabar
Sumber
Kita sering mendengar kata sabar, tapi kadang pada realitasnya kita seolah tak mengenal kata ini. Kenapa? karena pada hakikatnya sabar itu sesuatu yang tidak ada batasannya, dan pada prakteknya kita kadang mengatakan "sabar itu ada batasnya". Itu satu hal yang saya perhatikan...

Jika sabar itu ada batasnya, maka kita bisa mengatakan bahwa kemampuan bersabar setiap orang berbeda. Tingkat kesabaran seseorang menurut saya secara umum terbentuk dari pengetahuan, keyakinan, dan kemampuannya mengendalikan diri. Betapa tidak, ketika seseorang mengalami kondisi dihinakan setelah diagung-agungkan, di anggap berbohong ketika ia jujur, dan sebagainya kemudian memilih untuk bersabar. 


Berarti dalam hal ini ia memiliki pengetahuan tentang pilihan mana yang terbaik untuk dia lakukan, memiliki keyakinan bahwa yang terbaik adalah yang telah ia pilih, dan tentunya ia berhasil mengendalikan dirinya untuk tidak melakukan hal yang secara pengetahuan itu dia anggap sesuatu yang tidak baik.

Sederhana saya memikirkannya, tapi menjalankannya tidak sesederhana itu. Dan saya teringat perkataan Raasulullah SAWW dari sebuah buku yang pernah saya baca mengenai hakikat sabar, kalau tidak salah bunyinya seperti ini:
Rasulullah Bersabda "Kesabaran yang sejati adalah ketika kamu memaafkan seseorang yang bersikap sangat buruk terhadapmu dan menentangmu, sementara kamu mempunyai kemampuan untuk membalas dendam padanya"
Ini hanya catatan renungan saya untuk mengingatkan banyak hal, kembali menasehati diri.
semoga bermanfaat!

Sekian,
Salam Etika,

64 komentar:

  1. sabar itu bagi saya adalah segalanya karena kalau tidak sabar bisa melakukan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan apalagi kalau dihina dan di ejek-ejek harus sabar biarkan Tuhan saja yang memberi pelajaran buat dia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong sabar jadinya subur

      Hapus
    2. wong subur jdinya punya umur .. :)

      Hapus
    3. orang sabar pantatnya lebar mas Reo hehehe....

      Hapus
    4. Astagaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....

      Hapus
    5. jatuh dri sumur tak mengapa asal jangan terperangkap dalamnya sumur... hehehe

      Hapus
  2. Terima kasih mba Maria sudah mengingatkan kembali tentang hakikat dari sabar, semoga kita selalu menjadi orang yang sabar dalam menghadapi segala hal ya mba' :)

    BalasHapus
  3. Salam mbak Eti. Ini kunjungan balik sekaligus saya folloeing back ya.

    Terima kasih sudah menjadikan saya sebagai teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali mbak Julie, sudah berkenan untuk berteman :)

      Hapus
  4. Kalau Marah itu mudah .yang sulitnya mengendalikan marah trsb . dan jga gak klah slit adalah menjadi Orang yang Selalu Bersabar .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang terpenting marah pada tempatnya, iya kan? Hehehe

      Hapus
  5. "Kesabaran yang sejati adalah ketika kamu memaafkan seseorang yang bersikap sangat buruk terhadapmu dan menentangmu, sementara kamu mempunyai kemampuan untuk membalas dendam padanya"

    1 dari 10 orang yg bisa melakukannya, jika sabar ada batasnya berrti namanya bukan sabar, sabar itu kata mudah di ucapkan, berat ketika dijalankan tapi indah memang ketika dirasakan.

    Salam ukhuwah mba tika, dan selamat pagi ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mas Fiu, semoga kita semua termasuk orang2 yg mampu mendidik diri untuk menjadi orang2 yg sabar.. Aamiin :)

      Hapus
    2. aamiin .... hidup mba tika ... :)

      Hapus
  6. sabar emang susah, tidak semudah mengatakannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas maoe...sabar itu sederhana namun sangat susahnya :D

      Hapus
    2. Semoga kita semua mampu mendidik diri menjadi orang2 yg sabar :)

      Hapus
  7. sampai kapankah jadi orang sabar ?, samapai tutup usia

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...saya sepakat dengan pak eko...batasannya ya tutup usia :D

      Hapus
    2. SEPATU (SEPAkat dan seTUju) hehehe :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. kalau ada batasnya berarti sabar yang...nggak kuat nggak kuat..sabar :D

      Hapus
    2. Benar Kang Zeer, hakikatnya sabar tidak ada batasnya..hanya kita lah yang membatasinya :)

      Hapus
  9. SALAM MAULIDUR RASUL TIKA...SABAR ITU SEPARUH DRPD IMAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam maulidur Rasul kak, semoga Rasul berkenan mengakui kita sebagai umatnya.. Salam dan salawat atas beliau..

      Sabar adalah separuh iman, benar skali kak :)

      Hapus
  10. sangat sederhana namun juga sangat sulitnya...salam maulidur rasul juga mbak paridah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam maulidur Rasul Kang Zeer, semoga kita termasuk manusia yang sentiasa menebarkan cinta Rasulullah :)

      Hapus
  11. Kata sederhana tapi susah melaksanakannya .. saya jadi inget nasihat ayah saya (alm). Manusia itu asalnya dari tanah, sehingga harus mengikuti sifat-sifat tanah. Tanah diinjak-injak, dikasih kotoran, dikencingi, malah hasilnya lebih baik, tanah jadi gembur dan subur sehingga tumbuhan pun tumbuh subur ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasehat yang luar biasa mas, terimakasih sudah membaginya :)

      Hapus
    2. Menurut saya juga begitu mbak, tapi saya ternyata masih belum berhasil untuk melaksanakan nasihat ayah saya (alm) tersebut ..

      Hapus
  12. Terimakasih mas renunganya. Ini bisa buat renungan untuk saya juga mas.

    Sabar memang sederhana mas. Tapi susah di praktekan mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nady, saya ini perempuan.. Kok di panggil mas sih? :'(

      Hapus
  13. Kalau cuma ngomong SABAR mungkin mudah ya mbak tapi bagaimana saat kita harus menjalani kesabaran itu sendiri
    makasih untuk kesabaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar skali mbak Indah, mesti terus mendidik diri agar mampu bersabar :)

      Hapus
  14. yupps bagus sekali,..

    sabar ga cuma sekedar status di medsos,..

    trimakasih telah menulikan hakikat sabar,.. smoga bisa belajar lagi menjadi pribadi yg sabar thd sesuatu masalah,..

    selamat hari maulid nabi besar, RAsulullah S.A.W

    Salam, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam maulidur Rasul, semoga kita semua termasuk orang2 yg bersabar :)

      Hapus
  15. Balasan
    1. Valent, kamu rajin sekali :)

      terimakasih sudah berkunjung yah..

      Hapus
  16. Tegas itu bisa sekaligus sabar nggak ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah mbak, saya justru memahaminya sabar dan tegas itu berpisah :)

      Hapus
  17. ketika tingkat kesabaran sudah tidak mampu membendung amarah, yang ada hanya merugikan diri sendiri ya mba. so emang kesabaran seseorang sudah di batesin.. jadi wajar gak sih kalau kita suka melawan orang yang sudah kelewatan mengejek kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, jadi rugi deh hehee...

      Hapus
    2. Wajar, tapi gagal membina kesabaran...gitu kali yah hehehe :)

      Hapus
  18. Saya pernah terharu mendengar percakapan seorang kakek dengan cucu putrinya :

    kakek :
    bagaimana sekolah barumu dihari pertama

    Cucu :
    banyak yang mengejekku dan menghina rambutku yang ikal dengan sebutan kriwil

    Kakek :

    Kamu marah ga

    Cucu:

    ga marah, malah aku bilang kemereka 'terimakasih'

    Kakek :
    Kenapa ?

    Cucu:

    kan aku bisa sabar

    Kakek:

    :)

    BalasHapus
  19. sabar emang mudah dikatakan, tapi susah buat dilakuin sabar yang benar-benar sabar :D

    BalasHapus
  20. Terkadang ujian kesabaran ini berat lho Mbak, coba aja deh disuruh sabar :D

    BalasHapus
  21. sabar memang sederhana kedengarannya, tapi menjalaninya sangaat susah kecuali orang yang kusyu, yaitu orang yg memiliki kemampuan dalam beribadah dan selalu dekat dg sang pencipta

    BalasHapus
  22. sabar itu memang mudah, tapi tak semudah kita mengatakannya itu lohhh

    BalasHapus
  23. Hmmm berarti sabar ini nggak ada batasnya..

    Mungkin perkataan "sabar itu ada batasnya" itu hanyalah sebuah perkataan yg sudah ditradisikan atau buat orang yg sedikit marah hehee

    BalasHapus
  24. katanya orang yang hebat itu orang yg bisa menahan amarah alias sabar

    BalasHapus
  25. Sabar itu berbatas.klo ada mengatakan tdk berbatas berarti malas mencoba dan terkesan malas...hehehe bhs yg mengambang..bingung khan?

    BalasHapus
  26. Sangat sederhana sekali memang gan :)

    BalasHapus
  27. Ada cara sederhana yg ampuh untuk menumbuhkan sifat sabar, perbanyak baca alquran dengan rutin dan upayakan fokus direnungi maknanya.

    BalasHapus
  28. org sabar pasti subur ya....





    info untuk para pengguna Massage Jakarta yang sedang mencari Pijat & SPA Panggilan 24 jam Jakarta bisa mengetahui info lengkapnya di Aries Spa tinggal telpon langsung diangkat gan... khusus pria dan wanita lho... Pijat Panggilan Jakarta langsung check aja deh untuk menikmati Massage & SPA Panggilan 24 jam Jakarta ini

    SPA Jakarta || www.massageariesjakarta.blogspot.com Massage Jakarta || Pijat jakarta Panggilan || Massage Panggilan || massage therapy/pijat keluarga panggilan || pijat panggilan 24 jam jakarta

    Aries Spa menyediakan massage therapy/pijat panggilan dan spa panggilan ke rumah atau tempat tinggal Anda di Jakarta dan sekitarnya.

    Kami melayani massage panggilan 24 jam, massage khusus pria & wanita dengan tenaga kerja muda, trampil dan profesional.

    pijat keluarga datang ketempat ,trima panggilan rumah,aparteman,hotel dijakarta.

    BalasHapus
  29. Artikel yang sangat menarik, terima kasih gan :D
    Agen Bola

    BalasHapus