Rabu, 29 Januari 2014

ZAKAT LAHIR BATIN

   Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.


Teman-teman semua tentunya sudah baca judulnya, postingan kali ini mengenai zakat dan masih postingan via handphone. Zakat berarti sesuatu yang menyucikan, dan dari apa yang saya baca bahwa zakat wajib demi Allah dikenakan atas setiap bagian tubuh kita, diantaranya; 
Zakat mata (zakah al-'ayn), berarti melihat sambil berpikir dan menjauhkan pandangan dari nafsu-nafsu serta hal-hal yang serupa. Zakat telinga (zakah al-udzun) berarti mendengarkan suara-suara yang paling baik, seperti kata-kata bijaksana, ayat-ayat suci Al Quran, manfaat-manfaat yang terkandung dalam peringatan-peringatan dan nasihat-nasihat yang baik. Kemudian, mendengarkan sesuatu yang akan mendatangkan keselamatan bagimu, dan dengan menghindari yang sebaliknya seperti kebohongan-kebohongan, fitnah, dan hal-hal yang serupa. Zakat lidah (zakah al-lisan) berarti memberikan nasihat-nasihat baik kepada sesama muslim, untuk membangkitkan mereka yang sembrono, dan melantunkan puji-pujian serta ingatan (dzikr), dan hal-hal lain yang serupa. Zakat tangan (zakah al-yad) berarti membelanjakan uang untuk orang lain, bersikap dermawan dengan semua rahmat yang telah diberikan oleh Allah kepadamu, memanfaatkan nya untuk menuliskan pengetahuan dan informasi yang dengan cara itu sesama muslim akan memperoleh manfaat dalam kepatuhan nya kepada Allah, dan menahan tangan nya dari melakukan kejahatan. Zakat kaki (zakah al-rijl) berarti bergegas melaksanakan tugas dari Allah dengan mengunjungi orang-orang yang baik, menghadiri pertemuan-pertemuan untuk melakukan dzikr, menempatkan segala sesuatu secara benar di antara orang-orang lain, mempertahankan tali persaudaraan, menjalankan jihad, dan melakukan hal-hal yang akan membuat hatimu tenang dan imanmu lurus. Diatas hanyalah sebagian kecil dari beberapa jalan zakat yang dapat di pahami dalam hati dan dapat di terima oleh akal, meskipun masih ada banyak yang lain yang belum disebutkan. Dan terakhir, semoga Allah memberikan keberhasilan kepada kita semua dalam hal-hal yang Dia sukai dan yang membuatNya senang. Aamiin.. Sumber: Lentera Ilahi, hal 80 - 82

67 komentar:

  1. Ternyata banyak banget yah macan Zakat. Selama ini tahu saya. Zakat mal dan Zakat fitrah saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, satu pandangan yang mencerahkan.. Bahwa segala di anugerahkan Tuhan pada kita, ada zakatnya :)

      Hapus
    2. Iya eh. Baru dengar ZAKAT jenis ini ya
      Hmmmmmm

      Orang bilang ZAKAT untuk membersihkan hati dan diri manusia. Kalau ZAKAT untuk membersihkan HARTA wah rame rame KORUPTOR pada zakat besar besaran

      Hapus
    3. Zakat sangat penting keberadaanya untuk kita
      Perhatikan agar hidup lebih hipud yah Mbak Tika :D

      Hapus
    4. Hehehe, kalau seperti itu berarti hukum sebab akibatnya rancu Kang Asep :)

      iya Pak Saud, benar sekali :)

      Hapus
  2. Tanpa disadari pergerakan tubuh kita bisa dikatakan zakat ya.. terutama dalam tindakan yang positif..

    BalasHapus
  3. Artikel yang bermanfaat mbak jadi menambah pengetahuan saya nie tentang macam-macam zakat, selama ini saya tahunya cuma zakat fitrah dan zakat mal saja, terimakasih ya atas sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat..

      Hapus
  4. Ternyata bukan hanya zakat fitrah dan harta ya mbak dari anggota tubuh kita juga bisa..makasih mbak insya allah bisa di amalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak indah, semoga kita semua mampu mengamalkan nya :)

      Hapus
  5. wah... sangat bermanfaat boss, thx sharingnya yia....

    BalasHapus
  6. owhh.. zakat itu ternyata artinya mensucikan ya.. saya kira memberi, siphhh lah infonya sob.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama mensucikan harta yang kita miliki agar menjadi lebih barokah :D

      Hapus
  7. bnyak cabang zakat...nice info

    BalasHapus
  8. wah trnyata begitu banyaknya ya mbk. trmksh dah berbagi.

    BalasHapus
  9. Artikelnya sangat bermanfaat mbak .. untuk semua

    BalasHapus
  10. Ting nong Assalamu'alaikum atu ... oh atu ... *upin-ipin mode on ,,,, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astagaaa...sy belum setua itu juga keless *Hikz :'(

      Hapus
    2. hehehehe, jngn sedih dulu mb tika ...
      tak wis ya .... selamat pgi cik gu .... :)

      Hapus
  11. Terima kasih, buk Etika. Sudah memperbaharui wawasan tentang zakat...

    BalasHapus
  12. Artikelnya bermanfaat sekali mbak bagi saya. Ternyata perbuatan kita yang positif di jalan-Nya dapat menjadi zakat ..

    BalasHapus
  13. Wah saya baru tau kalau perbuatan baik kita juga di hitung sebagai zakat.. Saya taunya cuma zakat fitrah dan zakat mal aja mbak.. Hehehe

    terimakasi sudah menambah wawasan saya mbak, saya jadi tau kalau sebenernya jakat itu banyak jenisnya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, semoga kita semua bisa mengamalkan nya..

      Hapus
  14. bener dan setuju, banyak saya diingatkan dan menjadi sadar berkat baca via sajian artikel blog...ambil sisi positif dan tinggalkan sisi negatifnya....gituh deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, semoga bermanfaat Kang..

      Hapus
  15. zakat apa sodakoh ya mbak ? kalau sodakoh sih sunnah kalau zakat wajib, tapi emang kita di wajibkan untuk memanfaatkan organ untuk yang baik-baik.
    kalau mau sodakoh dalam satu paket untuk organ tubuh yuk kita sholat dhuha rutin

    BalasHapus
  16. ternyata zakat itu banyak banget, tindak tanduk kita sehari-hari harus hati-hati nih.
    ini adalah pembelajaran baru buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, ini juga pengetahuan baru buat saya..

      Hapus
  17. yuk yuuk.. kita banyak2in zakat :)

    BalasHapus
  18. berzakat tanpa mengeluarkan harta, cukup dari bagian tubuh kita...bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Kang, sentiasa ada berkah di balik kebaikan dan kebenaran yang kita wujudkan..

      Hapus
  19. alhamdulillah, tambah ilmu lagi disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Alhamdulillah, jadi betah mampir dimari

      Hapus
  20. zakatnya udah lahirnya udah batinnya juga udah..hhe

    BalasHapus
  21. Artikelnya bermanfaat sekali :)
    tapi lebih enak kalo ditulis kembali loh. dengan gaya bercerita sendiri trus kasih sumbernya. sekalian bisa belajar menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak, komen nya berkualitas sekali.. Iya yah, insya Allah sentiasa belajar. Terimakasih atas saran nya, suka suka suka :)

      Hapus
  22. ZAKATNYA SUDAH LAHIRNYA SUDAH BATINNYA JGA SUDAH..HEHE

    BalasHapus
  23. zakat hati boleh ngga mba tika ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, hatimu mau di zakat kan kemana emang nya? Hem?

      Hapus
    2. kesiapa aja yg mw mb tika .... hehehehe :)

      Hapus
  24. Ad beberapa macam Zakat nih, jadi nambah pengetahuan
    Saya tentang Zakat terima kasih Mbak Tika salam silaturrahmi :)

    BalasHapus
  25. semoga Allah menjadikan kita hamba yang selalu ingat untuk berzakat dari semua pancaindera yah aamiin...

    BalasHapus
  26. pakai hp, jadi kayak cuma 1 paragraf ya mbak.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau pake Hp hasilnya cuman 1 paragraf.. Walau sepanjang apapun nulisnya.. :)

      Hapus
  27. wa'alaikumsallam .. :)
    wahhhh ternyata mendengarkan bacaan al qur'an juga termasuk zakat yah hehe makasii nih mbak atas ilmu barunyaa

    BalasHapus
  28. Oh berarti mentraktir temen juga termasuk jakat donk ya mbak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kalau aku yang traktir hehehe :D

      Hapus