Rabu, 22 Januari 2014

KUNYIT UNTUK PENDERITA DIABETES

Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.

Kunyit
Ambil dari sini
Kali ini Tika ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman mengenai kunyit dan manfaatnya bagi penderita diabetes. Bukan bermaksud menggurui, tapi ini karena Ibu saya yang menderita diabetes jadi saya banyak mencari tahu obat-obatan herbal yang bisa beliau konsumsi untuk mengurangi atau mencegah gula darahnya naik. Waktu itu ada keluarga yang memberitahu kalau kunyit sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jadi saya langsung cari tahu di google mengenai manfaat kunyit bagi penderita diabetes, dan alhamdulillah hasilnya memang jelas dari beberapa hasil penelitian mengenai kunyit menyimpulkan bahwa kunyit mampu mencegah maupun mengobati diabetes.

Akhirnya saya berinisiatif untuk membuat jus kunyit untuk Ibu saya sebelum berangkat ngajar. Kunyitnya saya bersihkan dahulu, kadang saya kupas kulitnya kadang juga tidak. Kemudian saya potong-potong kecil lalu masukkan ke blender dengan di campur air putih setengah gelas. Setelah itu kunyit yang sudah halus saya saring dalam gelas dan siap disajikan. Tapi selama ini Ibu saya mengkonsumsi kunyit di campur dengan sedikit madu untuk menetralisir rasa sepatnya kunyit. Lagipula madu asli sangat baik juga untuk tubuh.

Dan menurut para ahli, manfaat kunyit untuk penderita diabetes adalah mengurangi resistensi insulin. Resistensi insulin adalah kondisi dimana insulin-hormon yang disekeresi oleh pangkreas untuk mengontrol level gula darah dalam tubuh, tidak lagi bekerja dengan semestinya. Sel-sela dalam tubuh memerlukan gula (glukosa) untuk energi. Ketika kita makan karbohidrat, tubuh anda akan mengubahnya menjadi glukosa. Kemudian molekul glukosa tidak bisa menembus dinding sel maka dibutuhkan bantun insulin untuk menjaga glukosa tetap berada dalam sel. Pada sebagian orang, sel-selnya tidak merespon insulin dengan baik dan dikenal dengan gejala resistensi insulin.

Nah, Kemampaun inilah yang mestinya di manfaatkan dalam kandungan kunyit sebagai salah satu bahan herbal yang untuk mencegah atau bahkan mengobati penyakit diabetes. Para penderita diabetes dapat mencoba mengkonsumsi kunyit ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kadar gula darah di dalam tubuhnya. Dengan kadar gula darah yang berkurang, maka perlahan akibat-akibat dari penyakit tersebut juga dapat diminimalisir.

Akhir kata, semoga lekas sembuh dan perlu di perhatikan bahwa kesabaran adalah kunci dari semua penyakit. Sabar dalam berusaha untuk mencari solusi penyembuhan penyakit adalah motivasi terbesar untuk terus melanjutkan hidup dengan lebih bermanfaat.

Sekian,
Salam Etika.

186 komentar:

  1. met siang mbk. wah trmksih bnyak ni infonya. sangat bermanfaat sekali mbk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren juga ya khasiat si kunyit. .Kalau saya suka pakai kunyit ketika memasak nasi goreng. . .rasanya menjadi lebih nikmat. .:)

      Hapus
    2. Iya kah? kapan-kapan Tika mau coba tuh pakai kunyit...
      jadinya pasti nasi goreng kuning yah hehehe :)

      Hapus
    3. Nasi kuning ya ya Nasi Kuning. Orang Inggris bilang sih "Safron rice" alias nasi Kunyit hiehiehiheiee

      Hapus
    4. Iya bener Safron Rice
      Saya dengarnya dari acara BBC London

      Hapus
    5. Dapat pengalaman tentang kesehatan dengan buah kunyit
      Dari Mbak Maria ini. makasih atas artikelnya Mbak salam hormat

      Hapus
    6. numpang pertamax ya eheheh

      Hapus
    7. yang numpang, gandul di belakang .. hehehe

      Hapus
  2. wah ternyata kunyit bermanfaat banyak ya...

    BalasHapus
  3. Wahh ternyata Manfaat Kunyit Bukan Hanya Untuk Bumbu masakan akan tetapi Untuk Mengobati Penyatkit Diabetes Juga Bisa yah Ternyata :D Hmm .. makasi banget Nih Mbak atas Infonya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama.. terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  4. membayangkan jus kunyit.... gimana rasanya yaahhhhh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ya gimana gitu bang. tapi demi kesehatan pasti akan di minum hehehe kata ibu disini sehat mahal harganya

      Hapus
    2. Makanya di campur madu mas, biar sepetnya hilang :)

      Hapus
    3. eh lha Pak Pri nih belum pernah coba ya...ditambah madu enak banget lho..kalau saya lebih sering ditambah madu dan jeruk nipis...jadi kunyit asem, pereda nyeri haid

      Hapus
    4. Sama mbak husna, itu juga saya suka sekal minum kunyit asem :)

      Hapus
    5. Oalah... brt istri kl pesen kunyit asem ya buat itu toh?

      Hapus
  5. kalau lagi diabates sya cba deh mbak...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarpun gak diabetes, boleh di konsumsi kok :)

      Hapus
    2. iya mbak..akan saya cba mgkonsumsinya mbk

      Hapus
  6. ini sekalligus sebagai bekal buat saya kelak mbak, kunyit saya catat.
    bapak saya kena diabetes dan saya kalau tidak bisa menjaga pola hidup, kemungkinan besar akan kena juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, sama dengan saya... Jika orang tua kita ada riwayat diabetes, maka anaknya mesti hati-hati menjaga pola makan nya agar tidak terjerat diabetes :)

      Hapus
    2. DUlu ada orang bilang kalau kita minum Segelas Air Putih lalu kebelet ingin buang air kecil yang jumlahnya banyak berarti dia kena DIABETES ya. Bener kah

      Hapus
    3. Setahu saya tidak begitu mas, tapi ketika kita buang air kecil nya sering saat malam (lebih dari tiga kali, dan tidak biasa) bisa jadi gula darah nya naik :)

      Hapus
    4. nah ini juga pengetahuan buat saya...gampang lelah juga merupakan tanda-tandanya kok

      Hapus
    5. Dan ini juga ilmu buat saya nih Mbak Mari ternyata
      Kunyit penting juga buat penderita diabetes yah Mbak

      Hapus
    6. Barangkali satu tandanya yang lain adalah kalau malam sering terasa haus .. itu pengalaman ayah saya dulu ...

      Hapus
  7. selain untuk bumbu masak ternyata kunyit banyak manfaatnya,berarti masakan indonesia itu mengandung obat mujarab yah hehe,,,Terimakasih mbak untuk artikelnya,jadi nambah pengetahuan nih,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yah...masakan Indonesia pastinya sangat banyak manfaatnya juga... karena rempah dan bumbunya saja sudah sangat mujarab :)

      Hapus
  8. Minyak kelapa asli juga sangat byk manfaatnya
    Hehehe sedikit promosi

    BalasHapus
  9. Terimakasih mba ... sangat informatif sekali :)

    BalasHapus
  10. bagaumana kalau kunyitnya itu di rebus mbak?? apa akan mengurangi khasiat ya?? soalnya kalau di blender mentah itu agak gumana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tika belum pernah rebus mbak, tapi ada juga yang menyarankannya untuk direbus kemudian di minum...perbedaan perubahan kandungannya mungkin ada perbedaan yah :)

      Hapus
  11. kalau ditempat saya buat jamu mbak kunyit asem....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tika gak tahu buat kunyit asem mbak, biasanya pesen di mbak jamu saja :)

      Hapus
  12. menurut tantenya suami yang saat ini sedang menempuh pendidikan doktornya, kunyit mengandung antibiotik alami yang juga sangat bagus untuk pencernakan...(maag, diare, kembung dll)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, terimakasih atas masukan dan tambahannya mbak Khusna :)
      sangat bermanfaat sekali...

      Hapus
  13. Waaaah saya suka banget niiih jus kunyit, biasanya yang saya buat, Kunyit + Jahe + Jeruk (airnya) + mangga, semuanya di jus tanpa disaring di sluruuuup enak bangeeet. Awalnya saya kira jus kunyit apa enaknya ternyata dahsyaat enaknya apalagi baik untuk kesehatan ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat baik untuk kesehatan mbak, waaaahhh ada resep baru nih, terimkasih resepnya... kapan2 tika mau coba :)

      Hapus
  14. wah nambah pengetahuan lagi nih m'ba ..
    thanks fo shaing

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimkasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  15. saya suka banget minum jus kunyit,,,

    baru tahu ternyata bisa mengobati diabetes,,,

    moga ibu cepat sembuh ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimkasih mbak Maya...
      Iya, bisa mengobati diabetes mbak :)

      Hapus
  16. mmm begitu ya mbak...terima kasih mbak, ini ilmu baru buat saya...
    semoga ibunya cepat sembuh ya mbak..aamiin

    BalasHapus
  17. Saya baru tahu. Bisa saya coba nih, kebetulan mamah saya punya diabetes hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat yah mbak:)

      Hapus
  18. waww ternyata bisa nyembuhin dibetes yah.. baru tau :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, yang penting sabar dan tekun :)

      Hapus
  19. kunyit sering buat pengganti kecap saat sy buat nasi goreng .. dan rasany uenak tenan .... hehehe

    salam ukhuwah mb tika ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya kah? Sama dong yah dengan mas Pudan Lubis di atas.. apa gak berubah jadi nasi kuning tuh nasi goreng nya? hehehe :)

      Hapus
    2. iya mba tika, sy kenal nasi goreng pake kunyit waktu di sulawesi , hehehe rasanya ya enak layaknua nasi goreng, klo nasi kuning kan di kukus atau dimasak pake air..

      malah ada juga waktu sy di makassar dan luwuk banggai, nasi goreng pke nya saus ...hehe

      Hapus
    3. Iya, sy juga sering liat orang2 sini buat nasi gorengnya pake saus, kalau yang pake kunyit belum pernah liat..

      Hapus
    4. mb tika harus coba tuh ,,, buat nasi goreng pake kunyit ,,,, enak kok .... sy aja wktu buat nasi goreng pake kunyit beru sebentar ditinggal kemasjid .. eh... kambing dh duluan nyantap nasi gorengnya ....hehehehe

      Hapus
  20. pengobatan secara alami memang sangat baik dan tidak ada efek sampingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Pak Eka, semoga selalu sehat dan sukses :)

      Hapus
  21. saya setiap malem suka minum air perasan dari kunyit . . .

    badan seger

    BalasHapus
  22. wah., nambah lagi ne ilmu pengobatan saya :D makasih info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Deni, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  23. Baru tahu saya, nambah referensi, makasih mb

    BalasHapus
  24. wah... artikel yang sangat bermanfaat sekali, jadi tambah pengetahuan nih, thx sharingnya yia

    follback sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  25. waah ternyata kunyit bisa untuk mengobati diabetes ya..
    memang ciptaan allah selalu ada manfaatnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sebagai bumbu masak kunyit bermanfaat skali untuk kesehatan..

      Hapus
  26. Semua yang telah Allah ciptakan pasti ada manfaatnya termasuk salah satunya kunyit,,,, :D

    BalasHapus
  27. Balasan
    1. Silahkan, banyak kok di taman samping rumah tuh hehehe :)

      Hapus
  28. semoga ibunya lekas sembuh,
    kunyit memang banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..., anak yang berbakti pada ibu. Semoga lelas sembuh.

      Hapus
    2. Aamiin, terimakasih doanya..

      Hapus
    3. banyak manfaat yaa mba dibalik kunyit ini :D

      Hapus
  29. Selain itu mungkin juga perlu diperhatikan kondisi usus yang lemah, bisa terjadi gejolak pada lambung dan diare. Ini sudah saya buktikan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mbak, kunyit dapat membuat diare, begitu kah?

      Hapus
  30. Sudah terbukti bahan tradisional sangat banyak manfaatny dibidang kesehatan, tapi mengapa kita masih byk mengkonsumsi obat-obat kimiawi? Bagaimana menrut anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena masih belum begitu percaya...:)

      Hapus
    2. Mungkin juga faktor ketekunan dan faktor waktu, kalau pakai obat herbal mesti sabar untuk melakukanx secara rutin dan kontinyu.. kemudian faktor waktu, orang2 kadang tidak sempat untuk mengolahnya jadi cari yg sudah dlm bentuk tablet, cair, atau kapsul sj.

      Hapus
  31. wasilah yang top...biidznillah :)

    BalasHapus
  32. Wah, kebetulan sekali buk Tika. Gula darah saya mulai naik sejak beberapa minggu ini. Ntar saya coba deh memanfaatkan kunyit ini untuk mencegahnya. Semoga saya sanggup meminumnya karena memang nggak suka rasa kunyit. Terima kasih tipsnya buk Tika...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Pak Uda, sebaiknya konsumsi dengan dicampur madu biar agak kurang sepatnya.. Kalau telaten, insya Allah bisa normal pak..

      Hapus
  33. lho aku baru tau kalo kunyit bisa jadi obat buat penderita diabetes. makasih sharenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  34. Aduh, saya gak suka kunyit. Juga gak suka madu. Kalau pake campuran gula aren/ gula merah saja bisa nggak Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mungkin bisa yah pak.. Selama gula aren nya tidak berbahaya untuk diabetes!

      Hapus
  35. banyak juga khasiat kunyit ya, kemarin ada yang ngasih tau buat melangsungkan tubuh, share yang bermanfaat mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, itu salah satu manfaatnya.. Hanya saja postingan ini saya per khusus ke diabetes

      Hapus
  36. Selamat Siang Mbak Maria. simak artikel nya tentang Kunyit untuk
    Pnderita diabetes ternyata banyak manfaatnya yah Mbak Maria
    Kunyit ini baru tahu saya terima kasih atas infonya salam sukses :))

    BalasHapus
  37. Pantesan rakyat Indonesia
    Jarang yang kena diabetes
    Karena selalu ga ketinggalan kunyit buat bumbu masak

    BalasHapus
  38. bermanfaat juga yah khasiat kunyit ini, terimakasih mbak Tika atas informasinya, kebetulan ada kerabat saya kena gejala diabetes :D salam balik dari Makassar, sulsel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 bro, terimakasih sudah berkunjung.. Sama2 blogger sulsel yah :)

      Hapus
  39. wah baru tau saya
    semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan

    BalasHapus
  40. subhanallah ya manfaat kunyit.. *catet*
    makasih sharingnya, mbak Tika :-)

    BalasHapus
  41. saya pernah memanfaatkan kunyit untuk mengobati maagh saya yang kronis. Alhamdulillah, berhasil dan sekarang jarang kambuh lagi.

    BalasHapus
  42. Luar biasa ya Mba manfaat kunyit ini!

    BalasHapus
  43. bahannya sangat mudah didapat, manfaatnya luar biasa,
    makasih mba, ramuan alternatif yg sangat berguna

    BalasHapus
  44. saya sering minum jus kunyit tapi baru tahu khasiatnya untuk penderita diabetes soalnya biasanya saya minum jus kunyit untuk sedikit menurunkan suhu lambung

    BalasHapus
  45. kalau sedang nyeri haid saya suka minum ramuan kunyit mbak, bagi saya lebih ampuh buat melancarkan haid..

    BalasHapus
  46. Wah ternyata kunyit bisa menyembuhkan diabet

    BalasHapus
  47. kunyit ini memang bagus banget ya mbak buat kesehatan, jadi bisa juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes ini :)

    BalasHapus
  48. Saya suka dengan minuman berbahan kunyit, kunir asem...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga minum jamu kunyit asem.. hehe

      Hapus
  49. makasih buat infonya mbak, sangat bermanfaat nih untuk mereka yang menderita penyakit diabetes :)

    BalasHapus
  50. kunyit memng banyak manfaatnya ... salam silaurrahmi ...

    BalasHapus
  51. ternyata kunyit bisa jadi obat diabetes ya, baru tahu kalau bisa seperti itu.

    BalasHapus
  52. salam pagi tika...info yg bagus ni...

    BalasHapus
  53. Bisa dicoba nih mbak, untuk jaga-jaga, barangkali bisa mengurangi risiko diabetes

    BalasHapus
  54. Dulu saya suka bikin minuman dari kunyit mbak. Alasannya untuk lambung dan rahim. barutahu kalo bisa untuk diabetes. TFS ya

    BalasHapus
  55. Saya pernah menggunakan terapi biang kunyot ini untuk mengobati sakit magh, dan alhamdulillah berhasil Mba. Dan ternyata untuk penyakit diabetes juga bisa ya Mba ? wah luar biasa. Tris atas infonuya.

    Salam

    BalasHapus
  56. saya gak suka kunyit pahit, tapi ini tanaman obat yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  57. kunyit emang banyak banget manfaatnya ya mbak, kalo gak salah kunyit juga bisa untuk menyembuhkan diare

    BalasHapus
  58. waaaah mbaa, ini kok saya baru tahu yaa kalau kunyit jg bisa untuk diabet, kebetulan Ibu saya juga kena diabet.. makasih yaaa infonya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, semoga bermanfaat.. Coba deh mbak di buatkan, insya Allah normal gula darah nya :)

      Hapus
  59. selain itu saya juga sering menggunakan kunyit untuk obat luka luar,,, kayak lecet lecet,,, memang pengobatan kayak gini inih enggak bisa dirasakan manfaatny sekaligus, jadi haruslah bertahap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat luar? Diapain untuk aplikasikan nya?

      Hapus
  60. betul sekali mbak kunyit memang banyak khasiatnya ...

    saya juga meskipun ga punya penyakit diabetes sering konsumsi kunyit buat lalapan pas makan , maklum orang sunda apa aja bisa di buat lalapan teman nasi ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haahh? Jadi lalapan? Aduh, gak sanggup ngebayangin nya..

      Hapus
    2. Apa gak kuning tuh lidah sama giginya Mang, hehehe :)

      Hapus
    3. kalau gak terbiasa memang gimana gituh rasanya hehehe..
      kuning sih kuning mbak, tapi karena di colek ke samble jadi nikmat rasanya hehehe

      Hapus
  61. Ternyata kunyit juga bermanfaat usebagai obat penyakit diabetes,thanks infonya sangat bermanfaat sekali.Bertambah lagi satu wawasan tentang obat herbal untuk penyakit diabetes.

    BalasHapus
  62. Saya sudah tidak ragu lagi dengan bahan alami sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Inilah spare part yang Allah sertakan dalam menciptakan manusia. Maha besar Allah dengan segala ciptaan-Nya yang tiada sis-sia di jagat raya ini.

    BalasHapus
  63. jadi ini nih yang dijadikan bahan untuk obat bagi penderita diabetes
    buat jaga jaga saya bookmark dulu yh mbak

    BalasHapus
  64. kalau beli di tukang jamu gendong khasiatnya sama nggak mbak? dulu saya pernah beberapa kali nyoba, bagus juga yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama asli, bagus.. Karena Tika pernah beli di tukang jamu, tuh kunyitnya sudah di campur tepung biar kental..

      Hapus
  65. ijin bookmark yah...katanya diabetes ini persentase dari keturunan cukup besar..ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Kang, jika ada riwayat orang tua kita sebelum nya mengidap diabeter maka kita kudu hati2 :)

      Hapus
  66. wow.. ternyata luar biasa juga ya manfaat kunyit.. Semoga dengan perantara khasiat kunyit, ibunya mb etika bisa terbebas dari diabetes.. aamin

    BalasHapus
  67. perlu diingat nih.. makasi atas infonya.. Mba.. sangat bermanfaat..!

    BalasHapus
  68. gile bumbu dapur yang suka bikin noda di baju ternyata banyak manfaatnya

    BalasHapus
  69. Ternyata kunyit bisa buat obat diabetes ya mbk :)

    BalasHapus
  70. baru tau syaa mbak, makasih sharingnya

    BalasHapus
  71. baru tau saya mbak, makasih sharingnya

    BalasHapus
  72. kalau diabetes biasanya pakai binatang undur - undur mbak hehehe

    BalasHapus
  73. wah saya baru tahu ini kak..
    biasanya buat dicampuran jamu gitu ya :) .

    BalasHapus
  74. kalo misalnya beli di tukang jamu langsung apakah khasiatnya sama mba? sama-sama berbahan kunyit walaupun campurannya berbeda pastinya..

    BalasHapus
  75. ternyata kunyie mampu jadi obat mujarab untuk penyakit diabetes ya. saya malah baru dari mebaca artikel ini. thx dah dishare

    BalasHapus
  76. lebih bagus pakai bahan alami kyk gini ya.. lebih aman dan tdk menimbulkan efek jangka pnjg

    BalasHapus
  77. hmm bermanfaat banget mbk. kebetulan sy juga suka mnum kunyit. tp biasany beli si tukang jamu. habis enak & segar.

    BalasHapus
  78. membuat masukan baagi saya, :)
    tambahan ilmu :D

    BalasHapus
  79. salam kunjung bls tika..selamat mlm.

    BalasHapus
  80. lama gak mampir kesini :) ,baru tahu nih mbak makasih yah info na :)

    BalasHapus
  81. Berarti kunyit ini cocok buat ibuku yang sedang menderita Diabetes, thanks for sharing..

    BalasHapus
  82. Asyik dapat informasi bermaanfaat lagi :) *akhirnyaa bisa BW ke sini lagi :)

    BalasHapus
  83. Bingung saya mbak mau komentar apa lagi.. nyimak aja deh

    BalasHapus
  84. ternyata banyak juga khasiat dari kunyit ini ya mbak..
    thx ya buat share nya :)

    BalasHapus
  85. Terimakasih mbak ... artikelnya sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  86. dijadikan jamu saya suka nih mbak

    BalasHapus
  87. wow..info tentang kesehatan seperti ini yang dicari-cari, saya kirain hany untuk bumbu masak doang itu kunyit,hmm maklum wong deso.

    disalin dulu mbak tulisannya.
    terimakasih dan salam kenal

    BalasHapus
  88. bener" bermanfaat mbak , , ,
    thanks udah berbagi , , ,
    mampir diblog q jua ya mbak . . . :D

    BalasHapus
  89. pas saya terkena wabah jerawatan #lebay.com saya minum kunyit juga MBak. Pertimbangannya, karena kunyit mengandung antibiotik yang alami. Di jus..seger rasanya

    BalasHapus
  90. ini sangat bermanfaat mbk, terima kasih ya sharenya tentang manfaat kunyit ..

    BalasHapus
  91. Banyak ya obat2an alamiah seperti ini, tinggal penderitanya saja yang harus rajin :)

    BalasHapus
  92. Bermanfaat banget infonya. Baru tau kalau kunyit bisa digunakan untuk mengobati diabetes

    BalasHapus
  93. Saya setuju mbak, tetapi yang penting adalah mengolahnya, apa gunany jikalau kunyit untuk pengobatan Diabetes, tetapi diolah menjadi jamu yang manis atau kadar gula yang tinggi, yah sama juga sia-sia

    BalasHapus
  94. Berarti kunyit cocok untuk Diabetes tipe II, karena gangguan resistensi insulin

    BalasHapus
  95. obat2 yg menggunakan bahan herbal bsa jdi alternatif selain obat dari dokter

    BalasHapus
  96. Obat yang kayak gini yang sehat. :)

    BalasHapus
  97. wah. ternyata kunyit ada manfa'atnya juga yah untuk kesehatan...

    BalasHapus
  98. Terima kasih atas infonya gan :D

    Agen Bola

    BalasHapus
  99. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
    Thanks.

    BalasHapus