Minggu, 26 Januari 2014

KACANG MEDE "MEMANG DE BEST"

Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.

Kacang Mede
Ambil dari sini
Bulan lalu, adik ipar saya datang dari Samarinda untuk menjenguk Ibunya yang sedang sakit di Sidrap Sulawesi Selatan. Sepulang dari Sidrap, adek ipar saya ini membawa kacang mede sekitar dua kiloan. Pada tahu kan tuh kacang mede? biasa juga dibilang mete, atau mente. Senang sekali pastinya, karena itu kacang kesukaan saya. Akhirnya, pestalah saya dengan kacang mede. Hehehe...secara adek ipar sudah balik ke Samarinda lagi dan kacang mede menemani saya ngeblog, kerja, dan nyantai saat sore. Enak banget soalnya nih kacang satu, iya kan?

Dalam postingan kali ini Tika sedikit mau berbagi soal Khasiat kacang mede kepada teman-teman blogger semuanya. Karena beberapa hari mengkonsumsi ini, dan termasuk sering meskipun mahal. Tapi karena hobbi, yah maju terus pantang mundur deh. Punya kekhawatiran juga sih konsumsi banyak-banyak, berhubung ini sejenis kacang-kacangan.

Setelah searching via google, saya menemukan 5 (lima) manfaat kacang mede. Mana yang benar sih namanya kacang mete, mede atau mente? ya udah lah yah, kali ini apalah arti sebuah nama kalau kita sama-sama suka yang satu ini hehehehe :)

Oke, dalam beberapa artikel yang Tika baca ternyata kacang mede ini sangat banyak khasiatnya untuk tubuh kita sahabat blogger. Diantaranya adalah (saya kutip dari www(dot)amazine(dot)co);

Kacang Mede
Ambil Dari sini
Satu, Menurunkan berat badan. waduh seketika jadi kepikiran nih, pantesan aja berat badan saya naik turun-naik turun gak gemuk gemuk juga. Mungkin ini salah satu penyebabnya yah, saya suka sekali konsumsi mede. Sementara saya sedang program untuk menambah berat badan hehehe :). Kacang mede mampu menurunkan berat badan karena mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, dan mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk metabolisme tubuh.

Dua, Meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Karena kacang mede mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Tiga, Menurunkan resiko kanker. Kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam kacang mede membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membunuh sel-sel kanker yang berkembang dalam tubuh. Tapi satu yang pasti bahwa kacang mede ini bisa membuat anda terkena kanker yang lain yaitu Kantong Kering. hehehe :)

Empat, Meningkatkan fungsi otak. Kacang mede mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda dalam jumlah yang banyak yang berfungsi meningkatkan produksi sel otak. Sehingga mengkonsumsi kacang mede dapat membantu meningkatkan oksigen ke otak, dan meningkatkan memori otak kita.

Lima, Menguatkan tulang. Magnesium yang terdapat dalam kacang mede membantu mempromosikan struktur tulang yang kuat dalam tubuh dan membantu mendukung otot dan struktur tulang.

Sangat bermanfaat tentunya kacang mede ini sahabat blogger, tapi saya belum tahu apakah cara kita mengelola kacang mede akan mempegaruhi kandungan di dalamnya. Kalau Tika lebih suka goreng biasa pakai sedikit minyak kemudian disajikan. Baiklah, segitu aja postingan kali ini.

Sekian,
Salam Etika.

78 komentar:

  1. salam pagi sehat mb tika ...
    bener sekali mb tika semua jenis makanan kembali ke bagaimana cara pengelolaanya ...

    oya manfaatnya sy tambahin stu lg yah mb, manfaat yg keenam bikin mulut pengen ngemil terus sebelm kacangnya abis ... hheehehe, soalnya klo ngemil kacang rasanya pengen trus aplg kacang mede sy jg ayooooo klo dikasih itu yg di mangkok ...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mas Fiu, silahkan di ambil.. Enak sekali pastinya, gak mau brenti menikmatinya kan? :)

      Hapus
    2. sdh diambil tpi kok ngak kena2 yah mba .... hehehe

      Hapus
    3. Jangan pake jari, pake gigi aja langsung :)

      Hapus
    4. Sepertinya saya agak ketinggalan pada artikel ini
      Yah Mbak Tika nyimak deh Kacang mede saya
      Suka sekali deh Mbk :)

      Hapus
    5. yah pake gigi tmbh susah lag ow mb tika ... hehehe :D ntr giginy rontok semua ,,,

      Hapus
  2. di tempat saya namanya kacang mente. Sepertinya nggak ada yang nanem, mungkin karena kondisi alamnya yang kurang cucok (?) atau karena males ngerawatnya. Cuman kok ya selalu ada saja biji mente mentah yang dijual dipasar. Cuman ya itu muahal banget harganya.
    Dan kalo sudah digoreng, tangan ini rasanya enggan menghentikan ayunannya ke mulut. Saking enaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas Pakies, gak mau brenti kita dengan cemilan satu ini.. Padahal yah mas, pohon nya cukup cocok dengan daerah kering :)

      Hapus
  3. Ditempatku orang menyebutnya sebagai kacang mete...aku suka dengan kacang ini, Mbak, rasanya gurih, enaak, namun sayang harganya mahal, jadi ya jarang2 menikmatinya, he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar2 gurih kang, bikin lupa sama harganya hehehe :)

      Hapus
  4. kalau sudah terlanjur makan susah berhenti mbak...tapi katanya bisa menambah darah jadi yang punya darah tinggi harus hati2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, enak banget yah... Hem, bisa menambah darah toh, thanks mbak info nya :)

      Hapus
  5. Iya sama dengan Kang Pakies Lazim dikenal dengan sebutan kacang Mente. Di Coklat merek tertentu kadang ada kacang mente di dalamnya. Enak juga kriuk kiruk kacang mentenya bertabur coklat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu paduan yang luar biasa enak Kang.. Setiap saat menggoda :)

      Hapus
  6. tapi sayangnya mahal ya mba. jadi kepengen ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sedang di nikmati, jadi lupa harga mbak :)

      Hapus
  7. wah, khasiat kacang mede ternyata banyak tuh....

    padahal, banyak orang yang menyepelekan kacang mede itu.
    siip gan. mantab artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  8. berarti saya ngga boleh makan kacang mede banyak2 mbak, lagi program gemukin badan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong yah, tapi saya suka skali jadi cukup sulit untuk nahan tidak makan kacang mete :)

      Hapus
  9. Sayang tapi sayang klo di kota harganya selangit, mau pulang kampung juga belum pada berbuah hahaha... Bisa kirim ke tempat saya gratis kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, disini juga selangit mas.. Kalau tika dah punya kebun mete sendiri, pasti saya kasi gratis.. Tapi kapan, sy gak tahu hehehe :D

      Hapus
  10. Ternyata kacang Mete banyak manafaatnya ya...

    BalasHapus
  11. Ternyata bisa menguatkan tulang,,,,
    Saya juga suka mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kacang mede memang enak :)

      Hapus
  12. waktu Zaki masih bayi banget, seorang tetangga yang ditugaskan di BPK Makassar pulangnya bawa oleh-oleh kacang mede rasa bawang...saking nikmatnya makan kacang mede, sampe nggak kerasa habis hampir seperempat bungkus sekiloan...sorenya Zaki yang waktu itu masih ASI ekslusif langsung diare karena mamaknya kebanyakan makan kacang mede...huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa bahaya yah buat bayi, jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui... Thanks info nya mbak Khusna :)

      Hapus
  13. kalau kacang mete turunkan berat badan ya nanti saya jadi kurus orang sudah kecil bisa - bisa malang ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, jangan banyak2 makan nya Pak Eka, dikit aja :)

      Hapus
  14. saya sangat suka saat membakar nya nih
    follback sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, tika waktu kecil juga suka.. Terimakasih :)

      Hapus
  15. Wuuuaaah kesukaaan saya nih Mba,,,, adanya pas lebaran aja tapi,,, Mahal bingiiitt hehehe,,, enak banget memang buat cemilan apalagi sambil nge Blog gini,,, ternyata banyak ya khasiatnya si kacang mede ini...Bisa menurunkan berat badan,,, dduuuh saya baru tau deh mba.... Info yang bermanfaat sekali mba.... *mari makan kacang mede, sambil ngemil tapi g bikin gemuk hahayyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahagia amat keliatan nya mbak, alhamdulilah yah gak bikin gemuk :)

      Hapus
  16. Dlu waktu kcil saya sring mkan ini mbak ..emank rsanya enak .. wktu itu dbakar tp skrg udh nggak mkan lgi ..soalnya jrang dsini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, selamat mencari kalau gitu :)

      Hapus
  17. Balasan
    1. Buahnya memang terasa gatel kalau dimakan, tapi kita gak bahas buahnya.. Oh iya, bijinya juga gatel kalau dimakan sama kulitnya.. Tapi skali lagi, kita sedang bahas kacang nya..

      Mas Eksak konsumsi buahnya atau kulitnya? Kok gatel?

      Hapus
  18. itu kalo dikampung saya namanya biji jambu mente mbak, selain banyak khasiat rasanya juga gurih, hehehe :D
    makasih telah berbagi n slm cemerlang :)

    BalasHapus
  19. bagi bagi donk bos, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, datang kemari aja bos :)

      Hapus
  20. kalau saya menggunakan kacang mede ini untuk bumbu masak,harganya cukup tinggi,kalau di kampung saya namanya biji jambu monyet ,daging buahnya bisa dijadikan manisan,uenakkkkkk lhoo,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya " Jambumonyet " maaf jangan salah faham yah hehe

      Hapus
    2. Saya mengerti Pak Dede, jangan khawatir.. Kacang dibuat kue kering juga enak, nah loh kalau masakan di buat jadi apa Pak?

      Hapus
  21. kebetulan saya suka banget sama kacang mede ini mbak. Cocok banget buat makanan saat santai ria ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar skali mbak, paling enak :)

      Hapus
  22. Ternyata kacang mede bisa buat diet juga ya.. kirain buat bikin gemuk :)
    gara-gara banyak ulat bulu, jadi di tebang pohonnya jambu mete nya :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, tanam lagi aja mas.. Semangat, hehehe :)

      Hapus
  23. saya taunya kacang mede tapi kata mente suka tidak asing.Rasanya enak,sudah pernah makan.

    BalasHapus
  24. Banyak juga yah mba manfaat kacang mete. Namun jujur saya kurang suka sama kacang mete hehe. Tapi Terimakasih infonya. Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada paksaan untuk menyukainya, hehehe :)

      Hapus
  25. wahh.. kacang mente oom.. udah lama gue nggak makan itu
    kangen sama gurih-nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di hunting sampe dapat :)

      Hapus
  26. memang kacang2an, termasuk juga kacang mete itu kaya akan vitamin dan lemak baik yah Mba.... aku juga suka.. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong yah, cemilan bermanfaat :)

      Hapus
  27. kacang kacang .... siapa yg mw beli kacang ... heheheh salam silaturahmi mba ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, malah jual kacang hehehe :D

      Hapus
    2. mw beli tah mb .... hehehe

      Hapus
  28. Kacang mede, mete. Itu biji jambu monyet ya mbak.? Wah ternyata banyak juga kasiatnya ya mbak, kalau gitu cocok buat saya nih mbak, biar saya rada kurusan dikit. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, semoga berhasil kurus :)

      Hapus
  29. Saya makan kacang mede biasanya pas Lebaran aja Mbak. Bukannya buat tamu, malah dimakan sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, dirumah juga kadang gitu mbak :)

      Hapus
  30. Balasan
    1. Waduh, perlu di rintis ulang dong :)

      Hapus
  31. menurunkan berat badan ...padahal sy suka juga itu yg namanya kacang mede, apalagi buahnya jg enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Oyo mau menurunkan berat badan, atau menaikkan berat badan? Hehehe :)

      Hapus
  32. wah itu kacang mente ya? lama sudah saya tidak makan kacang mente. kalau untuk kacang mente saya mengolahnya tidak pake lama cukup buat api terus di opor kacang mentenya sampai matang terus sikat sampai habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak pastinya yah, gurih gurih gurih :)

      Hapus
  33. tapi katanya kalau terlalu banyak makan kacang mede, bisa bikin pusing ya mbak etika? bener nggak sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tau mbak Ririn, tapi selama ini saya tidak merasa pusing karena makan mente banyak...

      Hapus
  34. jarang bnget makan kacang mede,
    cocok bnget buat nurunin BB

    BalasHapus
  35. Wah banyak banget manfaatnya kacang mede, sampai dapat meningkatkan memori otak, sayang harganya mahal, kalau keseringan boros juga .. hehehe

    BalasHapus