Rabu, 01 Januari 2014

2014: "SEBUAH RENUNGAN"

Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.

Alhamdulillah, puji syukur atas telah berlalunya beberapa waktu yang telah kita lewati dengan amalan baik. Dan permohonan ampun yang sangat mendalam atas waktu yang telah kita sia-siakan dengan bersikap tidak sebaiknya dan sikap yang memperburuk kedekatan kita denganNya.

Tahun 2013 telah berlalu, dan kita sedang menjalani tahun yang baru. Setiap awal-awal pergantian tahun selalu dipenuhi harapan, doa dan cita-cita yang menjadi pondasi kita untuk melewati hari-hari esok dengan penuh optimisme. Begitu juga dengan Tika, beberapa hari ini mencoba menyusun resolusi untuk tahun 2014. Berusaha membangun batu bata harapan satu demi satu agar hari esok lebih baik dari hari kemarin.

Namun, ada beberapa hal yang perlu untuk di refleksi agar tidak menjadi orang-orang yang merugi dimana hari esoknya masih sama dengan hari kemarinnya.


Mendidik Diri
Punya GugeL
Terlalu Merasa
Sekedar menoleh kembali ke hari-hari yang telah di lalui di tahun sebelumnya, saya menganggap banyak sekali hal saya temukan yang pada kenyataannya belum ku temukan. Kemerasaan yang keterlaluan membuatku jatuh sejatuh jatuhnya, di akhir tahun ini. Di lain hal, saya merasa bisa untuk terus tegar melewati perjalanan kehidupan ini meskipun pada kenyataannya saya butuh jatuh untuk tahu bagaimana menyandarkan diri pada Sang Khalik dan lebih memahami realitas hidup. Kemerasaan yang keterlaluan membuatku di kejar waktu untuk meyakini ketegaran, sementara diri terlelap dalam waktu yang tertunda-tunda. Kedepannya mesti belajar untuk lebih "tahu diri" bahwa tidak semua orang berpikir seperti apa yang ku pikirkan, bisa jadi ia berpikir sekedar saja dan lebih ekstrimnya "menipu" (apa? belajar untuk su'udzon? kenapa tidak?). Karena yang saya temukan dalam perjalanan setahun ini adalah ternyata berpikir positif terus akan sesuatu hal itu, juga tidak baik karena kehidupan ini menyuguhkan dua hal, kegagalan dan keberhasilan. Sehingganya kita membutuhkan hal-hal yang sifatnya negatif sebagai alarm bagi kita untuk asupan vitamin jiwa, tentunya ini berkenaan dengan interaksi kita terhadap sesama manusia. Tik, temukan jalur lain menuju Roma agar kemerasaan yang keterlaluan ini menjadi sesuatu yang balance. Seimbang!

Malas
Yah, ini salah satu poin yang penting untuk diungkap. Kemalasan yang berkelanjutan telah membunuh kebiasaan-kebiasaan sebelumnya yang telah mengakar, kebiasaan baik yang sedikit demi sedikit terkikis. Buku tulis yang dibeli akhir tahun 2012 tidak penuh, hanya berisi catatan hampir setenganhya buku itu, padahal tahun-tahun sebelumnya selalu tersisa paling banyak 10 halaman. Puisi itu juga masih belum selesai, tahun 2013 hanya menyimpan beberapa bait saja. Mafatih Al Jinan itu, tidak lagi terbaca di beberapa bagian tertentu yang sebelumnya sangat akrab. Bukan hanya itu, Kitab yang kajian biasa untuk surahnya tidak lagi tersentuh. Ada lagi, buku-buku pendatang baru kebanyakan tidak tersentuh hingga halaman terakhir, yang tersentuh rata-rata buku kesukaanku saja. Tik, setahun ini kau ngapain saja? sampai lupa, sampai acuh... Apa kau tersesat? Yah, tersesat dalam mimpi yang benar-benar nyata bahwa itu hanya mimpi... 

Solusi inti dari kemalasan ini adalah, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan itu dengan kebiasaan-kebiasaan lain! Mendidik diri untuk sentiasa menjadi pribadi yang lebih baik.

Cerewet
Karakter idealis yang membuat saya kadang di gelari teman dengan kata ini, bahwa banyak sekali hal yang tidak saya setujui, selalu saja ada hal yang tidak sesuai dengan pemikiran saya. Hehehe, kadang saya merasa lucu ketika mengingat itu. Karena setiap kali saya tidak setuju mereka akan bertanya kenapa, dan saya akan menjelaskannya dengan sangat detail dan amat sangat panjang lebar sampai mereka bosan... Hehehehe :D

Bukan hanya itu, profesi juga agaknya mempengaruhi karakter ini. Mungkin karena sejak memutuskan untuk intensif mengajar di sebuah tempat, saya berusaha untuk mengubah karakter dingin dan tidak komunikatif terhadap orang lain ini menjadi seseorang yang sedikit lebih supel. Tentu karena ingin menjalin hubungan baik dengan siswa, apalagi kondisi "psikologi" siswa di tempat ngajar sekarang ini sangat jauh berbeda dengan sebelumnya. Yang pada kenyataannya karakter cerewet ini tumbuh dengan gaya yang tidak asyik karena membuat oran glain bosan, istilah lainnya garing. Yah, karena saya termasuk orang yang tidak bisa berbasa-basi. Lebih senang sms-an ketimbang telfon karena sms membuat saya bisa berpikir untuk melanjutkan pembicaraan. Kalau telfon pasti akan lebih banyak diam! Hem, cerewet yang salah kaprah hehehe...

Itulah ketiga poin yang saya anggap penting untuk di ubah, dan setelah saya baca ulang ternyata keseluruhannya adalah poin umum yang saling membentuk. Berharap untuk dapat mengurangi yang berlebihan dan menghilangkan yang buruk. Bagi sebagian orang kembali mengulas hal-hal yang telah terjadi mungkin terlihat sekedar ritual menuju pergantian tahun, tapi tidaklah mengapa ketika itu memberi efek yang baik buat kita. Toh ternyata dalam anjuran agama kita sentiasa di harapkan untuk introspeksi diri, dan semoga dengan begitu kita tidaklah termasuk orang-orang yang merugi karena hari esok masih sama dengan hari kemarin.

Jika di tanya apa resolusiku di tahun 2014, maka akan ku jawab dengan singkat bahwa "resolusiku di tahun 2014 adalah Mendidik diri untuk hidup dengan pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya". Kamu, dia, mereka, dan kalian juga begitu kan? Selamat Mendidik diri :)


Sekian, 
Salam Etika,

74 komentar:

  1. Balasan
    1. klo 2014 lebih baik ? brrti 2015 harus super lebih baik ... ok mb dwi ? :)

      Hapus
    2. Semoga saja kita semua termasuk orang-orang yang
      Yang Lebih baik dari segalanya Amin Allah humma Amien :)

      Hapus
    3. baru nyadar klo dapat pertamax :D

      Hapus
    4. Semua yang tidak baik memang harus dilepaskan untuk menjadi lebih baik :), selamat tahun baru ya Mbak :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aamiin :)
      Terimakasih sudah berkunjung...

      Hapus
  3. oalah... jadi itu tho rsolusi mb tika ...
    ada poin2 yg memang sy sependapat, tidak semua yg kita lakukan itu harus berpikiran positif ada tempat dan saat dimana berpikir positif kita lakukan, ada seorang motivator yng memahami semuanya harus berpikir positif dan al hasil malah memperburuk keaadaanya.

    kedua cuma mw bilang saya juga sama mb tika, lebh suka sms, bahkan sy nggak pernah tlpn, kecuali ada yg telpon ,,hehehe

    Semoga resolusi mb tika tercapai..
    dan selalu mendapat yang terbaik ... :)
    salam ukhuwah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih Fiu semoga resolusi mu juga tercapai :)

      Hapus
    2. Aamiin ya mujibassailiin..... :)

      Hapus
  4. Semoga tahun 2014 ini lebih baik dari tahun sebelumnya.
    Ngomong-ngomong kucingnya lucu banget yah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Bawa pulang aja, gak apa2 dek hehehe :)

      Hapus
  5. Amin sebuah kata-kata renungan yang bagus supaya kita lebih baik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  6. Smoga tahun ini kita bisa menjadi lebih baik
    dan dipermudah segala urusan kita oleh ALLAH SWT, Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  7. Memang kita perlu untuk melakukan refleksi terhadap apa yang sudah berlalu, untuk menjadi pijakan agar dapat melangkah lebih baik di tahun yang baru .. inspiratif mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, mesti ada refleksi... Terimakasih :)

      Hapus
  8. benar itu.. semoga kita bermuhasabah serta memperbaiki kelemahan diri agar menjadi lebih baik di tahun baru ini dan masa akan datang.. insya-Allah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..terimakasih atas kunjungannya Mizz Aiza :)

      Hapus
  9. salam tahun baru tika moga tercapai apa yg diimpikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..terimakasih kak,semoga demikian juga dengan kak :)

      Hapus
  10. berbagai peristiwa dan pengalaman di tahun 2013 telah kita lewati bersama. Kenangan pahit maupun manis, kita rasakan semua nya. Semoga ditahun 2014 ini kita semua bisa meningkat dalam segala hal ya mbak etika :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih mbak ririn...semoga demikian juga dengan mbak :)

      Hapus
  11. semangat ditahun 2014 lupakan yang lalu raih masa depan yang lebih indah :D

    BalasHapus
  12. Semoga di tahun yang baru ini kita menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya :)

    BalasHapus
  13. Semoga di tahun yang baru ini kita menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya :)

    BalasHapus
  14. Kunjungan perdana tahun 2014....nggak banyak kata, yg pnting hadir dan absen disini, ahi hi hi...

    BalasHapus
  15. karakter idealis : cerewet huheuehuehue...

    iya nih perlu ada perbaikan diri jgua pada diri ini

    BalasHapus
  16. Semoga tahun 2014 ini merupakan tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya ya mba.. sukses blogging dan blogwalking ::D

    BalasHapus
  17. Semoga langkah demi langkah dalam resolusi di tahun 2014 ini di lancarkan ya mba.

    BalasHapus
  18. aamiin, semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya ya mbak :)

    BalasHapus
  19. Saya juga punya harapan yang sama mbak sebab mendidik diri sendiri itu yang perlu...

    BalasHapus
  20. semoga tercapai resolusinya ya mbak

    BalasHapus
  21. slmt mlm dan slmt thn bru. smga semuah baik2 sja ya.

    BalasHapus
  22. Tak ada kata telat untuk meruba mbk
    kegagalah di tahun 2013 itu bisa dijadikan pelajaran terpenting dalam menjalani tahun 2014.
    karena saya yakin 2014 ini adalah tahun perubahan
    semangat mbk tika
    kita sukses, kita maju, dan kita selalu bersama dalam persahabtan ktia

    BalasHapus
  23. Kunjungan Malam Mbak Maria. simak Renungan tahun 2014
    Semoga tahun 2014 ini kita semua lebih sukses dalam hal yah Mbak

    BalasHapus
  24. semoga di tahun 2014 ini resolusi monitor makin gede.. hehehe.. bercanda mba

    BalasHapus
  25. semoga sama-sama lebih baik dari tahun kemarin

    BalasHapus
  26. Menarik Artikelnya .. sepertinya enak dibaca mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. blognya udh sya follow . jika berkenan follback ya

      Hapus
  27. Semua yang sudah lalu biarlah berlalu, tetapi bukan untuk dilupakan apa yang sudah kita lakukan di masa lalu. semua peristiwa yang terjadi di tahun 2013 bahkan di tahun2 sebelumnya harus di jadikan batu loncatan untuk meloncat yang setinggi - tingginya di tahun 2014, begitupun seterusnya :) Salam sukses mba etika

    BalasHapus
  28. Semoga di tahun baru ini lebih baik

    BalasHapus
  29. amin,,,,, semoga bisa,,,,
    memimpin, menddik diri lebih sulit

    BalasHapus
  30. saya belum ada rencana di tahun ini karena masih menjalankan rencana yang saya buat di tahun sebelumnya, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin untuk saya, mbak etika, dan untuk semua orang

    BalasHapus
  31. Keren banget tuh buat renungan

    BalasHapus
  32. aamiin kayaknya resolusinya itu merupakan resolusinya banyak orang lo mbak,
    gambarnya kok kucing ya mbak jangan-jangan 2014 memang sio kucing hehe

    BalasHapus
  33. ya kita semua berdoa dan berusaha saja mbak.. agar kita tidak tergolong orang yang merugi dan selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya.. amin..

    BalasHapus
  34. semoga saja bisa di perbaiki ya mbak.
    kalau bisa refleksi tiap mau tidur aja mbak. hehehe

    BalasHapus
  35. Selamat tahun Baru 2014 sist :) , harapan semoga lebih baik

    BalasHapus
  36. sebaiknya memang harus ada sebuah resolusi mbak, karena dengan resolusi, maka kita akan berusaha lebih baik dari sebelum nya. Yakni dengan cara meninggalkan kebiasaan buruk, dan kemudian menggantinya dengan kebiasaan baik :)

    BalasHapus
  37. Wah point yang kedua, saya sering banget tuh, kalo udah malas, yang lain minggir deh hehe..

    BalasHapus
  38. bener mas muro'i...kalau sudah malas, kucing pun kalah dengan kemalasan saya :D

    BalasHapus
  39. Sifat malas ini yang masih menempel, entah kapan bisa hilangnya. Kalau urusan cerewet,aku agak berkurang sekarang mencoba untuk lebih mendengarkan. Sifat cerewetnya aku salurkan lewat tulisan.

    BalasHapus
  40. semoga tahun 2014 ini bisa lebih barokah ya bagi kita semua,
    salam takzim dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan

    BalasHapus
  41. apalagi pelajar kayak saya :) , yang namanya malas memang sudah mengakar :D

    BalasHapus
  42. sama2 kita belajar,sama2 kita mendoakan...
    jangan putus tali silahturrahmi,semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya...

    BalasHapus
  43. Selamat tahun baru

    renungan tulisanmu
    masuk kalbu
    mataku terharu
    ingat kisah yang berlalu

    BalasHapus
  44. Semoga tahun 2014 akan lebih baik dari tahun sebelum nya ya, dan untuk mewujudkan hal tersebut tentu butuh proses dan kesabaran yg harus kita jalani.

    BalasHapus
  45. Yang pasti tahun 2014 adalah tahun pembaharuan, semagat baru, dan cara-cara baru.
    Semoga bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
    Salam kenal mba' Maria

    BalasHapus
  46. Renungan itu harus ......
    semoga di tahun ini makin sukses ya mbak

    BalasHapus
  47. lha ini...mendidik diri itu lebih sulit ..

    BalasHapus
  48. rasa malas akan merusak rencana yang telah kita buat

    BalasHapus
  49. ameen..moga tahun ini kehidupan kita lebih baik utk dunia dn akhirat...in sya Allah

    BalasHapus
  50. semoga di tahun baru kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya,,,

    BalasHapus
  51. "Apa kau tersesat? Yah, tersesat dalam mimpi yang benar-benar nyata bahwa itu hanya mimpi... " Bagi gue, ini DALEEEM banget :D

    BalasHapus
  52. Artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih gan :))

    Agen Bola

    BalasHapus