Jumat, 14 Maret 2014

X-RIDE DENGAN PERTAMAX

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh sahabat blogger.

Punya Google
Beberapa hari yang lalu, di hari-hari super sibukku, tiba-tiba saja Si Mickey tidak mau nyala setelah saya matikan 2 menit. Yah, hanya 2 menit karena cuma matikan mesin lalu masuk ke dalam rumah ngambil helm dan saat Tika starter kembali tidak mau nyala lagi. Beruntung ada motor adek saya yang biasa dipakai Bapak, saya gunakan dahulu untuk menyelesaikan urusan kala itu. Karena setelah dicoba berkali-kali dan Si Mickey tetap saja tak bisa nyala, maka saya berinisiatif membawanya ke bengkel khusus Yamaha. Dan setelah di cek oleh montirnya, ternyata motor Yamaha X-Ride saya ini mesti dibersihkan kompressornya (semoga saya tidak salah). Sebagai seseorang yang buta otomotif, saya pun tidak melewatkan kesempatan untuk bertanya pada montir langganan saya mengenai masalah tersebut. Kata beliau, motor saya pernah menggunakan bensin campuran sehingga kompressornya mesti di bersihkan. Padahal yah, dua kali pengisian bensin terakhir itu saya mengisinya di SPBU besar yang dekat dari rumah. Tapi memang baru kali itu saya mengisinya disana, sebelum-sebelumnya di SPBU dalam Kota dan saya sama sekali tidak pernah mengisi motor saya itu dengan bensin eceran.
Akhirnya, sebelum meninggalkan bengkel saya diberi saran oleh montir agar sekali-sekali motor saya diisi Pertamax untuk menghindari kejadian yang sama terulang lagi. Ooh, ternyata itu intinya? setelah saya cek via internet mengenai kompresi yamaha X-Ride saya temukan 9,3:1 yang secara teori mestinya memang menggunakan Pertamax. Benarkah? entahlah.. silahkan cari tahu lag deh, terus beritahu ke saya yah... karena saya sama sekali buta motor, maklum baru setahun bergaul dengan benda ini hehehe :)

Setelah beberapa hari, ketika bensin sebelumnya hampir habis saya segera mengisi Pertamax. Dan seperti yang kalian tahu sahabat-sahabat blogger, jika motor menggunakan Pertamax mesin motor terasa ringan dan kinerjanya semakin hebat. Tapi yang lebih penting dan membuat saya senang adalah suara motor saat dinyalakan dan saat digunakan tidak seserak seperti saat menggunakan premium. Ah, yang saya keluhkan selama memakai X-Ride telah teratasi dengan menggunakan Pertamax. 

Tapi, sekali lagi seperti yang semua orang keluhkan adalah harga pertamax yang dua kali lipat dari harga Premium. Disini Tika beli Pertamax dengan harga Rp 12.650 sedangkan Premium Rp 6.500 saja. Namun, untuk hasil yang lebih baik dan untuk keberlangsungan hidup motor yang lebih lama, saya lebih memilih menggunakan pertamax. Meskipun dompet ngos-ngosan, hehehe :)

Oke,  mungkin teman-teman yang lain juga punya pengalaman yang sama dengan saya. Bisa di share juga disini. Dan tulisan ini saya akhiri.

Sekian,
Salam Etika,

27 komentar:

  1. Bener itu mbak tika. Memang sekali kali motor harus di isi pertamaxx. Agar kesehatan motor terjaga.

    Kalau saya kenyang dengan bensin eceran mbak. Soalnya saya tinggal di desa hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting jangan BBM oplosan ya Mas :)

      Hapus
  2. Saya sih malah pake premium soalnya pertamaxx udah di booking ma Mas Nady hehehe

    BalasHapus
  3. faktor harga emang ngaruh banget tuh, tapi enaknya klo beli pertamax ga pake ngarti :)

    BalasHapus
  4. Pengen sebenarnya pakai Pertamax :D tapi ya itu dompetnya yang ngos-ngosan ... :D

    BalasHapus
  5. Kalau punya saya sih pakek pertamax saja
    by: Kabar Real Madrid CF

    BalasHapus
  6. walaupun lebih mahal tapi bikin awet mesin, tapi kebanyakan masih suka pada pakai premium termasuk saya.
    kalau beli eceran dipinggir jalan juga mesti harus hati-hati juga, kalu dapet yang oplosan bahaya.

    BalasHapus
  7. punya saya juga pertamax mbak, katanya sih bagus untuk mesin

    BalasHapus
  8. iya sih Mbak,kelo dipikir2,agak mahal tapi bikin mesin awet,pasti lebih asyik daripada yang murah tapi merusak jiwa raga kan ya

    BalasHapus
  9. Hehe..
    Motor istri saya juga selalu pakai pertamax mbak :)

    BalasHapus
  10. Hebat euy tunggannya RX King, tapi sepengalaman saya kalau untuk 2 tak bahan bakar ini bisa di gunakan, tapi kalau untuk 4 tak haru yang CC nya besar Mba, agar tidak berpengaruh pada mesin. Itu sih yang aku tahu dari montir motor. :D

    Salam

    BalasHapus
  11. Waah ilmu baru ini, baru tahu kalau pertamax mampu membersihkan kotoran yang ada di kompresor. pantesan harganya mahal.. hehe. Terimakasih sharingnya. Salam..

    BalasHapus
  12. Memang lebih mahal pertamax lebih irit dan kompresinya lebih sempurna :)

    BalasHapus
  13. Untuk urusan mesin harus ekstra hati-hati mbak, lebih baik awet, dari pada sering rusak, biaya maintenancenya jadi membengkak
    Terima kasih sharenya.

    BalasHapus
  14. waduh jadi bimbang mau pake yg mana yaaa.. :((

    BalasHapus
  15. wah saya malah belum pernah beli pertamax kak, soalnya mahal banget harga nya. Untuk saat ini masih suka pakai bensin aja :)

    BalasHapus
  16. Temukan Caranya Disini

    belum pernah nyoba pertamax. cos lum punya sepedah

    BalasHapus
  17. Informasinya sangat bermanfaat.
    Update terus ya.. Terima kasih..

    BalasHapus
  18. Informasinya asik dan bermanfaat.
    terimakasih dan salam kenal :)

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Pengen sih pake pertamax tpi kaga punya kendaraan... wkwkwk

    BalasHapus
  21. memang website yang keren memang harus begini,selalu mengedepankan kepuasan dan banyak memberi manfaat bagi pengunjungnya.

    home design minimalis

    BalasHapus
  22. Bermanfaat sekali nih beritanya,
    makasih banyak ya pa admin telah memberikan berita yang sangat bagus ini.

    living room design minimalist

    BalasHapus