Sabtu, 01 Maret 2014

AMALAN "MAKANAN JIWA"


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sahabat blogger.


Gambar diambil dari penelusuran Google.

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah berita di sebuah situs. Maaf, saya tidak bisa mencantumkan situsnya karena takut ada yang menganggapnya sesat. Yah, sebagaimana yang pernah di klaimkan terhadap saya. Entahlah, dunia ini terasa jadi sempit oleh mudahnya orang-orang mengklaim kafir dan sesat. Tapi pegangan saya adalah perkataan Nabi Isa As yang mengatakan (kurang lebih seperti ini) "Ambillah hikmah dari siapapun, meski itu dari mulut anjing sekalipun".

Berita tersebut mengisahkan tentang seorang pemuda yang mengirim surat kepada seorang ulama yang sangat di kaguminya. Dan berita tersebut menginspirasi saya dan tentunya memberi masukan yang sangat berharga. Berikut isi beritanya:

**********
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya seorang pemuda 22 tahun dan kemungkinan hanya Anda yang dapat menjawab pertanyaan saya. Saya hidup dalam lingkungan dimana hawa nafsu dan angan-angan lebih mendominasi diriku lalu menawanku. Hal itu membuat saya tertahan tidak dapat bergerak menuju Allah. Saya meminta kepada Anda untuk memberikan amalan agar dapat menguasai kembali diriku dan menghancurkan simpul keburukan yang menimpa semua orang ini. Tolong, saya tidak ingin nasihat, tapi amalan untuk dapat memenangkan pertarungan ini.

Jawaban Allamah yang di kaguminya:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Demi mengalahkan kondisi seperti yang ada dalam surat Anda, diperlukan keseriusan, taubat, muraqabah dan muhasabah. Yang perlu Anda lakukan, setiap hari menjelang Subuh Anda harus bangun dan berniat serius bahwa setiap perbuatan yang akan Anda lakukan diniatkan hanya untuk Allah. Dengan itu, setiap pekerjaan yang akan Anda lakukan dengan memperhatikan manfaat akhirat dan bila tidak ada manfaat akhiratnya, Anda tidak akan melakukannya.
Ketika hendak tidur, sisakan waktu empat atau lima detik untuk memikirkan apa saja yang Anda lakukan dalam sehari. Setiap pekerjaan yang Anda lakukan dan merasakan itu sesuai dengan keridhaan ilahi, maka syukuri itu, sementara bila bertentangan, maka mintalah ampun kepada Allah. Lakukan perbuatan ini setiap hari.
Benar, pada awalnya, amalan ini mungkin berat buatmu, tapi ia merupakan kunci kemenanganmu. Bila Anda punya kesempatan, setiap malam sebelum tidur bacalah surat-surat yang ada bacaan tasbih di awalnya (al-Hadid, al-Hasyr, as-Shaff, Jumu'ah dan at-Taghabun). Bila Anda tidak mampu, maka cukup membaca surat al-Hasyr.
Setelah 20 hari Anda melakukan apa yang saya sampaikan ini, tulis surat lagi kepada saya mengenai perubahan yang terjadi pada dirimu. Insya Allah kesuksesan menyertaimu.
Wassalamualaikum
**********

Ada beberapa hal yang saya garis bawahi dari percakapan surat tersebut, diantaranya:

Bahwa ada satu kondisi dimana kita kadang tidak tersentuh oleh nasehat, padahal kita tetap tidak lepas dari 5 waktu. Kadang juga menemukan kelaparan ruhani yang membuat kita merasa hampa, kosong dan jauh dari rengkuhan Tuhan. Menurut saya, hal itulah yang di curhatkan pemuda tersebut.

Sementara dari jawaban Sang Allamah, beliau menyarankan agar pemuda tersebut melakukan amalan untuk membangun ketahanan jiwa. Amalan yang saya pahami disini adalah ritual ibadah untuk membiasakan jiwa agar sentiasa terkoneksi dan tersambungkan dengan Tuhan diluar ibadah wajib.

Nah, apakah sahabat blogger pernah mengalami hal yang sama? Ketika nasehat serasa tidak mempan buat jiwa sementara jiwa seolah butuh makanan.

Oke, berhubung jatah huruf sudah hampir habis jadi cukup itu saja yah sahabat blogger. Semoga memberi manfaat dan dapat kita amalkan. Ingat, kebaikan hanya dapat diamalkan secara tulus jika kita telah terbiasa menciptakan kebaikan!.

Sekian,
Salam Etika,

26 komentar:

  1. assalam tika...entri terbaik n bermenafaat...

    BalasHapus
  2. menurut saya si pemuda hrs menemukan ulama hakekat agar mendapat jawaban yg cocok, krn yg diperlukan pemuda ini adalah jawaban pembuka hati dulu (siraman penyejuk) sebelumn mengamalkan syariat lebih jauh :D

    tanpa hati yg terbuka gak bakalan seseorang mampu mengamalkan amalan apapun :)

    makasih telah berbagi cerit menarik mbak :)

    BalasHapus
  3. amalan yg baik, dan klo dilaksanakan pasti berpengaruh baik untuk ketenangan jiwa

    BalasHapus
  4. yeahh kalau menurut saya amalan yang tertulis diatas itu adalah cocok seperti apa yang di inginkan oleh si pemuda..
    si pemuda nggak butuh nasehat dan butuh amalan.
    dan amalan yang tertulis di atas itu akan membuat si pemuda itu bisa bergerak/tidak tertahan lagi untuk menuju ke jalan ALLAH

    BalasHapus
  5. Selamat malam sobat. Maaf baru bisa berkunjung karena sibuk sekolah sobat.
    Artikelnya sangat bermanfaat sob. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

    BalasHapus
  6. Terkadang suatu amalan yang diberikan meskipun kadang amalan itu sudah banyak hasilnya pribadi orang berbeda..kalau menurut saya adalah hati dan jiwanya sendiri..bagaimana ketika amarah atau keegoisan menguasai.
    contoh kita sudah melakukan kewajiban kita yang lima waktu dalam satu kelompok tidak mungkin semua menemukan ketenangan jiwa semua..setiap amalan kalau pada awalnya pasti berat tapi kalau suah biasa akan mengalir seperti air

    BalasHapus
  7. emang jatah hurufnya berpa mbak..

    BalasHapus
  8. memang sebaiknya kita juga mengamalkan ibadah selain lima waktu yia bos...

    BalasHapus
  9. saya mengomentari perkataan nabi isa
    bahwa memang kita harus bisa mengambil hikmahnya dari manapun saja
    walaupun dari hal terjelek sekalipun

    BalasHapus
  10. menurut saya jawaban dr allamah mungkin ada benarnya jg,,karena setiap guru mengajarkan ilmu berbeda-beda,tinggal bagaimana kita menyikapinya,,jika baik gk salah di ikuti,,,jika buruk tinggalkan,dan tentunya jika masih ragu cari juga pendapat ke orang yg lain,bukan hanya satu orang saja

    BalasHapus
  11. Nasehat dan amalan apapun yang diteriama,tidak akan membuahkan hasil maksimal kalau tidak dilandasi dengan niat tulus untuk mengamalkan amalan tersebut,begitupun keinginan untuk keluar dari jeratan yang membelengu dirinya tidak akan berhasil meloloskan jiwanya tampa niat yang tulus pula,jadi apapun keinginan tampa dilandasi dengan "niat"tulus saya rasa hasilnya tidak sesuai harapan............

    BalasHapus
  12. Sependapat sama Kang Dede :)
    Selamat malam Mbak Tika. wah Judul artikelnya pendek
    Namun kajianya dalam dan panjang ya Mbak, betul kata
    Mas Wong amalan yang baik semoga akan menjadi baik yah Mbak

    BalasHapus
  13. Saya juga sepakat sama kang dede dan mas saud
    Selain itu.. Juga yg terpenting nawaitu nya ya mbak :)

    BalasHapus
  14. bener banget,,terkadang kita tidak tahu apa yagn diingingkan hati ini...
    resah dan glisah mungkin ini pertnda kita jauh dari rengkuhan Allah.

    BalasHapus
  15. Saya sudah baca dari awal same akhir. Namun entah kenapa saya jadi bingung untuk berkomentar. Sepertinya komentar teman-teman diatas sudah sangat mewakili. :)

    BalasHapus
  16. Ambillah hikmah dari siapapun, meski itu dari mulut anjing sekalipun.... sy juga setuju ... seseorang bisa masuk surga hnya karena membri pertolongan pda anjing bgtu jg sebaliknya ... :)

    BalasHapus
  17. waalaikumsalam,
    saya pernah mengalami kekosongan jiwa..beberapa nasihat memang seakan tak mempan, namun kekosongan itu sirna ketika menyadari bahwa ..walaupun kita berhenti sesaat, namun dunia tetaplah berputar.....akhirnya sayapun kembali bersemangat mengsyukuri akan segala nikmat-NYA....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  18. Nanti ada saatnya hati si pemuda terbuka dari ke gelapan yang menyesatkanya. Itu kalau dia memang bisa mendapat kanya.. Semoga saja amin..

    BalasHapus
  19. Baca ini, jadi inget buat ngaji lagi. Makasih ya Tika..

    BalasHapus
  20. Makasih banget artikelnya...mau coba praktek semoga bisa merasakan lezatnya iman lagi...saat ini terasa gersang,agak lega ketika membacanya...thank's

    BalasHapus
  21. Nice info,,terrimaksih banyak telah berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya be the best and do the best to the next information..

    how to make house

    BalasHapus