Minggu, 16 Maret 2014

KAPURUNG; MASAKAN KHAS LUWU

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh sahabat blogger.

Kapurung
Ambil Punya Google
Kali ini Tika ingin posting sebuah masakan khas dari sulawesi selatan. Kebetulan beberapa hari yang lalu saya kepengen sekali menikmatinya, tapi tidak tahu membuatnya. Karena menurut saya bagian sulitnya adalah membuat adonan sagu. Alhamdulillah ada kakak sepupu yang juga suka makan kapurung sekaligus jago bikinnya. Dan akhirnya terkabul dengan puas. Secara, kapurung buatan kakak sepupuku enak banget. Menyesal sekali baru tahu kalau beliau bisa membuatnya dengan sangat enak. hehehe
Apakah sahabat-sahabat blogger sekalian tahu, pernah dengar kapurung atau pernah menikmatinya mungkin?. Kalau belum pernah, Tika akan mencoba untuk mengulasnya di postingan kali ini. Disimak yah.

Kapurung adalah masakan khas dari Palopo, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur yang terbuat dari sagu karena daerah ini dikenal dengan produksi sagunya yang cukup melimpah. Jadi tidak heran lagi dong yah ketika daerah-daerah ini sangat akrab dengan olahan masakan dari sagu. Nah, kapurung ini sendiri terbuat dari sagu yang dilarutkan denga air panas hingga membentuk adonan kemudian dibuat seperti bola-bola, lalu di campurkan dengan berbagai sayur-sayuran beserta kuahnya yang tentunya punya bumbu tersendiri. Selain sayur-sayuran, kapurung juga dinikmati dengan ayam bakar, atau ikan masak, atau udang, atau ikan kering. Dan lebih enaknya lagi jika kapurung ini dinikmati dengan sambal kacang tanah, yang dicampur dengan cabai, asam patikala (biasa juga disebut kecombrang) atau dengan irisan kecil-kecil mangga muda maka pasti rasanya akan lebih menggoda. Wuihhhh, rasanya memang beda dengan masakan yang lain.

Jadi, jangan lupa kalau jalan-jalan ke Makassar cari warung yang menyediakan masakan ini. Atau kalau di daerah sahabat-sahabat semua ada warung yang menyediakan kapurung, hayooo di coba. Maaf, Tika gak ngasi resepnya, kan udah tau kalau Tika gak tahu mengolah sagunya alias tidak pernah berhasil mengolahnya hehehe... Silahkan sahabat-sahabat tanya ke Om Google yang lebih tahu segalanya :)
Ya sudah, postingannya cukup segitu aja.

Sekian,
Salam Etika,

31 komentar:

  1. Wah.... pagi pagi dah bahs makanan, jadi laper nich :)

    BalasHapus
  2. Baru kali ini mendengar nama masakan Kapurung, buk Tika. Bahan dasarnya sagu, sayur-sayuran dan bumbu lainnya. Berarti bisa dibuat rasa pedas ya buk? Saya suka masakan apa saja asal pedas...hehehe... Terima kasih sudah berbagi info masakan, buk Tika.

    BalasHapus
  3. saya mau kak tika..ada mangga mudanya juga, aihhh bikin ngiler nih. tapi nggak pake micin kan??? kalau pake micin, saya nggak jadi suka deh

    BalasHapus
  4. Bikin ngiler mb,,,,
    Baru dengar ni,,, d jawa g ad

    BalasHapus
  5. inyong baru dengar makanan ini, soale ditempatku jelas ngga ada

    BalasHapus
  6. Kalau sagu biasanya buat kue manis mbak jarang ada yang buat sayur...

    BalasHapus
  7. Suer nih mbak Tika..
    Saya juga,baru tau makanan jenis ini.. :)

    BalasHapus
  8. kapurung buatan mama paling maknyus sedunia Mbak, kalau mau coba bisa kapan-kapan main ke rumah hehehe, apalagi kalau pas ujan-ujan tuh, oya satu lagi warga asli palopo kalau makan kapurung gk pake sendok lho, jadi pake tangan kosong :)

    BalasHapus
  9. Sueerrr, enak banget...
    Yang suka micin boleh pake micin, yang gak suka gak usah pake :)

    Hayoo, silahkan dinikmati di alam khayal masing2 hehehe

    BalasHapus
  10. Yobert (SemuaInfo) mau mau mauuu, kasi dong alamatnya.. #Heh? hehehe

    selain gak pake sendok, mereka gak bilang makan kapurung, tapi minum kapurung :)

    BalasHapus
  11. Mau dong!bikinn 1porsi mbak

    BalasHapus
  12. Aneh nama masakannya, tapi kayaknya menggugah selera, he he...

    BalasHapus
  13. wah ini mirip dengan papeda papua itu tidak mbak... nama masakan dan nama daerahnya saya baru denger mbak hehehe saya taunya palopo doank.. soalnya ada sahabat blogger lama yang tinggal di palopo mbak hehehe

    BalasHapus
  14. Diatas Mas Nady ada yang jualan tuh Mbak...
    Emang boleh ya... :)

    BalasHapus
  15. nice info.. wjib dcoba!!, tq Admin :)

    http://medaners.com

    BalasHapus
  16. yang pasti saya belum pernah makan ini, Mbak Tika.
    dan yang pasti pula, andai saya berkesempatan ke Sulawesi nanti, saya mau mendaulat Mbak Tika buat masak ini, dan saya ikut makaaan, horeeee

    BalasHapus
  17. wah sepertinya sedap ini kak masakannya. Jadi pengen ikut nyicipi juga saya hehehe :)
    terimakasih kak sudah share resep nya juga. Kapan-kapan saya boleh coba untuk memasaknya di rumah :)

    BalasHapus
  18. Pas kalau dimakan siang2 bolong tuh mba.. hehe

    BalasHapus
  19. hmmmm..... kapurung.... sy peernah rasain tuh di sulawesi, dg ada satu lg namany sinole... :D

    BalasHapus
  20. Informasinya sangat bermanfaat.
    Update terus ya.. Terima kasih..

    BalasHapus
  21. sepertinya enak ini, terimakasih dan salam kenal :)

    BalasHapus
  22. Jd ingat, dulu punya teman dari Luwu... hm, sayang sdh lost contact skg.

    BalasHapus
  23. Bermanfaat sekali nih beritanya,
    makasih banyak ya bu admin telah memberikan berita yang sangat bagus ini.

    how to make house

    BalasHapus
  24. informasi yang aktual, semua informasi yang diberikan bermanfaat sekali untuk kita semua
    home design minimalist

    BalasHapus