Selasa, 09 April 2013

AKU JATUH CINTA di "DESEMBER"

Sumber Gambar : http://ma6ma.wordpress.com


Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi dibaik awan hitam
Semoga ada yang menerangi sisi gelap ini
Menanti, seperti pelangi
Setia menunggu hujan reda

Aku selalu suka sehabis hujan di bulan Desember
Di bulan Desember,
Sampai nanti ketika hujan
Tak lagi meneteskan duka meretas luka
Sampai hujan memulihkan luka...




Sejak 5 tahun yang lalu lagu ini menemani hari-hari saya di setiap aktivitas harian. Pertama kali mendengar lagu ini, di putar di HP saya yang dikirim oleh adekku yang menurut dia dengan sangat yakin bahwa saya akan suka lagu itu. Dan ternyata, sekali mendengarnya saja saya langsung "jatuh cinta" hehehe :)



Menurutku lagu ini penuh makna dan musik pengiringnya juga sangat nikmat untuk di dengarkan, terutama lirik-liriknya. Serasa saya mau bilang "Lagu ini gue banget" hehehe

Ada tiga (3) unsur dalam lagu ini yang sangat saya sukai, yaitu Hujan, Pelangi, dan Desember.

Hujan
Hujan adalah kondisi alam yang sangat luar biasa memberi kesejukan, ketenangan, kehidupan, dan harapan baru. Sejuk oleh siraman air yang membasahi bumi, tenang oleh ketukan titik-titik air hujan sebagai musik alami bumi, Therapy paling indah dan menenangkan. Membawa kehidupan baru dengan menyingkirkan kegersangan lalu menumbuhkan tunas-tunas baru, dan dengan tumbuhnya tunas-tunas baru itu, lahir harapan yang baru.

Hujan juga merupakan sebuah gambaran hidup manusia bahwa kehidupan tidak semata penderitaan ataupun sekedar kebahagiaan, tetapi kehidupan itu seperti musim yang ada kalanya hujan, ada kalanya gersang. Tidak hanya ada duka, tapi akan ada suka. Selalu silih berganti tergantung bagaimana kita menyikapi hujan-gersang dan suka-duka itu. Dan itulah makna yang tersirat dalam fenomena alam yang bernama Hujan dan Pelangi

Pelangi
Pelangi adalah simbol keindahan, simbol kebangkitan dari keterpurukan, serta simbol kesatuan. Kata siapa pelangi itu tidak indah? hayo hayooo.... (ada gak yah, yang gak suka pelangi?)

Pelangi terangkai dari 7 warna: Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Keseluruhan warna itu punya makna, tetapi kita tidak sedang membahas tentang "Makna 7 warna pelangi". Tetapi pelangi yang dibentuk oleh 7 warna mewakili simbol kesatuan (Penyatuan) bahwa ketika sesuatu itu saling berbeda, dia tidaklah bermakna tidak dapat menyatu dengan selainnya.

Pelangi simbol kebangkitan dari keterpurukan dapat kita lihat saat pelangi tiba, pastilah selepas hujan reda. selepas "Kesedihan" membasahi bumi mesti ada kebangkitan agar hidup terus berjalan dan kembali indah. Dan bukan pula bahwa hujan itu adalah semata Kesedihan, tetapi hujan menurut saya adalah ungkapan kerinduan yang vertikal.

Desember
Kenapa Desember? ada apa dengan bulan Desember?
Desember buat saya adalah bulan istimewa di antara bulan yang lain pada tahun Masehi. Bukan hanya karena pada bulan itu saya di lahirkan, (hehehe....). Tetapi Desember adalah bulan dimana saya seolah mengumpulkan 7 warna untuk membuat pelangi. (Cie cieeee.... hehehe)

Maksudnya, Desember adalah bulan dimana saya kembali menyusun orientasi, mengintrospeksi perjalanan diri selama setahun, Mengevaluasi perjalanan hidup, dan tentunya bukan hanya saya yang melakukan ini. Tentunya teman-teman semua juga. Dan inilah "momen indah" dalam tahun Masehi karena saat itulah kita mengumpulkan semua rasa yang pernah kita alami selama tahun-tahun yang pernah kita lewati: sedih, bahagia, haru, dan sebagainya...

Kembali ke Lagu "Desember" nya Efek Rumah Kaca

Begitulah saya memaknai lagu tersebut, hingga lagu ini sampai sekarang masih selalu "enak" terdengar di telinga saya. Dan kita semua tentunya ada banyak cara atau hal-hal yang kita senangi untuk menemani kita dalam beraktivitas. Entah itu kopi, cemilan, rokok dan lain-lain

Dan terakhir, saya sangat bangga lagu ini telah di nyanyikan oleh Band Indie seperti Efek Rumah Kaca yang selalu menghadirkan lagu-lagu yang bermanfaat, dan tidak semanta lagu cengeng dan menghambur-hambur rasa!! Sekali lagi, lagu "Desember" adalah salah satu karya yang LUAR BIASA, dan Penuh Makna yang dalam...

Terimakasih sudah bersedia  membacanya,
Yang belum pernah denger lagunya, silahkan download dulu terus dengarkan. Saya juga pengen tahu dong seperti apa pendapat teman-teman setelah mendengarnya.
SaLam Etika

97 komentar:

  1. sekalian di share dong mbak lagunya, kasih link download biar saya bisa ikut dengerin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah, semestinya sih kayak gitu tapi belum tau caranya.. Hehehe gaptek :)

      Hapus
    2. search aja di google , banyak ko caranya mba mar :)

      Hapus
    3. iya yah..
      Lain kali deh, bakal nanya om google :)

      terimakasih kunjungan nya sayang

      Hapus
  2. lagu memang bisa menennangkan hati, bahkan jika lagu kesukaan, ada atau tidak lagu baru di belantika musik indonesia tidak akan pernah menggantikannya.
    pemaknaan mbak etika memang estetik sekali, dimana ada unsur hujan kemudian disusun pelangi dan desember kalau menurut orang tua saya adalah bulan hujan atau gede-gede nya sumber.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, suka banget sama lagu ini :)

      Hapus
    2. selamat menikmati lagunya, tapi jangan senyum2 sendiri, hehe

      Hapus
  3. Boleh juga th! pengen jg dengerin lagu nya.minta judul dan nama artis nya.mau coba d download.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. main gitar sambil ngopi dengan gelaran kardus

      Hapus
    2. Mas Agus kompac..
      Penyanyinya EFEK RUMAH KACA
      Judul lagunya DESEMBER

      Mas Agus Setya..
      Ngamen dong :)

      Hapus
    3. ngamen juga boleh mbak, tapi ngamennya pasif sambil duduk2 aja

      Hapus
    4. Alhamdulillah sudah dapat d putar d winamp

      Hapus
  4. mantep sob,kayaknya sang admin mengenang atau sedang jatuh cinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sedang berbunga-bunga

      Hapus
    2. Ikutan !boleh dong saya jatuh cinta lagi!?

      Hapus
  5. Ini lagu Indie ya Ukhti..? Soalnya gak begitu familiar buatku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, coba deh dengarkan.. Semoga suka :)

      Hapus
  6. jika hujan itu kesedihan dan matahari itu kebahagiaan, maka kita perlu keduanya untuk melihat PELANGI :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali..
      Terimakasih kunjungan nya :)

      Hapus
  7. Hujan dan pelangi, keindahan yang kadang sulit dilukiskan...

    Ane juga belum pernah denger lagunya, coba googling ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayo hayoo di dengarkan, terus beritau yah pendapat nya kayak gimana :)

      Hapus
    2. enak sih lagunya...pokoke mak nyus buat yang punya kenagan sama desember, kalo buat saya sih biasa aja hihi...

      Hapus
    3. setiap kita kan memang beda..

      Hapus
  8. tau lagu November Rain nggak mbak? dari Guns n Roses, itu keren juga loh :D

    band efek rumah kaca udah lama sayatau, tapi belum pernah dengar lagunya. oke saya coba download dulu deh sapa tau tertarik juga, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tau, suka juga :)

      download segera, menarik sekali kok

      *waduh, kok malah ngiklan sih hehehe

      Hapus
  9. Keren banget mbakk :D

    Di tunggu follback dan kunjungannya :)

    BalasHapus
  10. nice lirik.
    ada makna di sebalik lagu ni yea :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, selalu ada :)
      karena lagu kadang dibuat untuk mewakili kalimat yang tak mampu terucap

      terimakasih atas kunjungan nya

      Hapus
  11. aku jatuh cinta maret :D

    BalasHapus
  12. saya juga sangat suka dengan musik dan lagu..hmm untuk lagu ini saya belum pernah denger heheh kasihan kan saya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, tidak kasihan..
      Karena setiap kita punya konsentrasi masing masing, dan inilah penting nya berbagi

      #termasuk berbagi lagu :)

      Hapus
  13. bener apa yg di katakan komen pertama. jika ada lagunya mungkin lebih keren. klw cara pasangnya sih udah byk tutorial pasang lagu di postingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Indah, terimakasih sarannya...
      Insya Allah, lain kali siap di pasang :)

      Hapus
  14. emang enak ya kalau penjelasan itu di lakukan oleh seorang guru. hmmm . sangat jelas dan mudah di pahami. beda dengan orang biasa seperti saya, agak belepotan dikit.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. OaLaaahhh,
      Sebenarnya tergantung dari kebiasaan, kalo kita terbiasa ngomong teraur, ya insya Allah akan selalu teratur :)

      #Ala bisa karena biasa :)

      Hapus
  15. Balasan
    1. Silahkan, saya tunggu pendapat versi nya @gambarpacul :)

      Hapus
  16. Kalo saya oktober Mbak, selisih 2 bulan berarti mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, desember itu judul lagu mas..

      Hapus
  17. wah ada yng lgi jatuh cintong,ni xixixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bilang waw, sambil koprol... hehehe :D

      Hapus
  18. jadi penasaran ingin denger lagunya, baca reviewnya saja ada makna tersendiri dari lagu ini, gimana klo udah dengeri yah...

    BalasHapus
  19. bagus banget liriknya mas...

    bantu saya dengan berkomentar di sini Riev-Bapo
    Terima kasih

    BalasHapus
  20. salam kenal..berkunjung disini..
    bagus artikelnya..

    BalasHapus
  21. kamu jatuh cinta di Desember, sedangkan aku belum bisa begitu,,,

    BalasHapus
  22. Keren lirik2 lagunya... hmmm ternyata punyanya efek rumah kaca...

    BalasHapus
  23. bulan desember buatku juga bulan yang paling penuh sejarah

    BalasHapus
  24. Postingan menarik yang sangat bagus sobat, sebenarnya saya kepengin download lagunyan tapi kemana downloadnya kawan
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, maaf... belum di sertakan!
      terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  25. wah jadi penasaran aku mau dengar lagtnya
    siapa tahu jatuh cinta dg dia akunya
    dan diapun merasa sama

    BalasHapus
  26. kunjungan malah bu guru.. hehehehe. suport aja ya..?

    BalasHapus
  27. memang lagu akan terasa enak ya, bila tema dan nuansa musiknya mewakili perasaan.

    Sepertinya desember bukan hanya bulan evaluasi ya, ada yang tersembunyi di balik pelangi seusai hujan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, banyak hal yang membuat kita mampu menikmati sebuah lagu..
      Terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  28. Artikelnya manis sekali. Salam kenal dan membalas kunjungan mu teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saLam kenal, terimakasih sudah berkunjung dan sudi membaca :)

      Hapus
  29. Saya jadi penasaran nih sama lagunya.. Sayangnya gak di kasi link downloadnya jadi mesti ubeg2 mbah google dulu nih saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, iya... Hikz
      #Jadi merasa bersalah :'(

      Hapus
  30. wah ini jdi lagu kebangsaan mbak ya hehe, jadi penasaran dengan lagunya

    BalasHapus
  31. Memang, lagu favorit memang selalu membuat kita bahagia, bahkan jika di putar berulan-ulang. Heheheh

    Btw, saya suja hujan loh dan sering berdoa sewaktu hujan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, yah dan masing masing punya cara sendiri untuk menikmati lagu..

      Hapus
  32. waaah baru tau lagunya meskipun udah lama denger band indie ini.

    BalasHapus
  33. spertinya lagu yg sngat berkesan, coba googling dulu, biar bsa mrasakan langsung :)

    BalasHapus
  34. lagunya di share sekalian mba biar lebih meresapi makna nya

    BalasHapus
  35. gua pernah dengar ini lagu tapi kapan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita tanya pada rumput yang bergoyang, hehehe :D

      Hapus
  36. kunjungan malam sobat. boleh ngasih saran nggak nih.. warna background nya kalau bisa di buat agak gelap saja sob, biar nggak terlalu silau di mata. hehehe

    maaf ya, bukan bermaksud apa apa, ini cuma saran saja kok sob..ok.

    BalasHapus
  37. hmm, kalau ERK sih biasanya dengerin yg judulnya Hilang. :)

    BalasHapus
  38. Nice post gan..
    blogwalking nih, kalau berkenan mampir ya ke blogku..
    ~ Salam Persahabatan :)

    BalasHapus
  39. sebuah lagu bisa menjadikan sebuah angan dan kenangan yg terindah. met pagi mbak

    BalasHapus
  40. Desember, Januari, November ada lagu cintanya... ngambek ah saya kok gak ada yang buatin Maret ya :D ,. Hujan dan pelangi itu memang banyak memunculkan inspirasi bagi penulis lagu atau juga pembuat syair puisi. Keindahan alam ciptaan-Nya memang selalu menimbulkan kekaguman

    BalasHapus
  41. Walau tetep berada di jalur indie, tapi musikalitas mereka gak ada duanya... Gue juga suka lagu ini... Dan mbak guru mengulasnya dg cara yg gue suka juga... ;-)

    BalasHapus
  42. belum pernah mendengar lagunya mbak, tapi kalau membaca liriknya...memang kelihatan indah banget ya...

    saya juga suka banget dengan pelangi...
    filosofinya, keberagaman akan menciptakan keindahan, coba kalau warnanya cuma satu doang, kurang bagus kan...

    BalasHapus
  43. wah keren kayaknya, mau donlod dulu deh..

    BalasHapus