Sabtu, 13 April 2013

"ANAK TANGGA CINTA"

Xu dan Liu

               Ketika saya lagi bosan, sedang tidak nyaman untuk kerja dan kemalasan lagi melanda, apalagi mood sedang tidak nyaman. Saya melarikan diri bermain-main dengan google, bertanya apa saja padanya tentang apa yang ada dipikiran saya (sudah jadi kebiasaan). Dan saya pun menemukan artikel ini, MENARIK dan MENGHARUKAN begitu pendapat saya ketika selesai membacanya, terlebih lagi bahwa ini adalah sebuah kisah nyata yang tidak semua orang bisa menjalaninya dan memutuskan untuk hidup seperti mereka.
Pada tahun 2006 kisah ini menjadi salah satu kisah cinta yang terkenal di Cina, yang dikumpulkan oleh majalah Chinese Women Weekly.

Kisah Cinta Sejati dari daratan Cina ini langsung merebut perhatian dunia, Kisah Nyata ini adalah kisah dua sejoli yang mana si wanita lebih tua usianya dari si pria. Mereka terpaksa melarikan diri untuk hidup bersama dan saling mengasihi dalam kedamaian selama setengah abad. Laki-laki Cina berusia 70 tahun ini telah memahat batu menjadi 6000 anak tangga dengan tangannya (Hand Carved) untuk Sang Istri yang telah berusia 80 tahun itu akhirnya meninggal dunia di dalam goa yang selama 50 tahun terakhir menjadi tempat tinggalnya.


50 tahun lalu (mungkin sekarang tidak 50 tahun lagi, dan kalimat ini tiba-tiba mengingatkan saya dengan lagunya Raffi Ahmad dan Yuni Shara yang pada akhirnya tidak seSejati cinta Xu dan Liu), Liu Guojiang, pemuda 19 tahun, jatuh cinta kepada seorang janda 29 tahun bernama Xu Chaoqin. Bak kisah Romeo dan Juliet-nya Shakespeare, teman-teman dan kerabat mereka mencela hubungan mereka karena perbedaan usia di antara mereka dan kenyataan bahwa Xu sudah punya beberapa anak. Pada waktu itu tidak bisa diterima dan dianggap bermoral bila seorang pemuda mencintai wanita yang lebih tua.

Untuk menghindari gosip murahan dan celaan dari lingkungannya, pasangan ini memutuskan untuk melarikan diri dan tinggal di sebuah goa di Desa Jiangjin, di sebelah selatan Chong Qing

Pada mulanya kehidupan mereka sangat menyedihkan karena tidak punya apa-apa, tidak ada listrik ataupun makanan. mereka harus makan rumput-rumputan dan akar-akaran yang mereka temukan di gunung itu. Dan Liu membuat sebuah lampu minyak tanah untuk menerangi hidup mereka. Xu selalu merasa bahwa ia telah mengikat Liu dan ia berulang kali bertanya, "Apakah kau menyesal?" Liu selalu menjawab, "Selama kita rajin, kehidupan ini akan menjadi lebih baik".

6000 Anak Tangga 
Setelah 2 tahun mereka tinggal di gunung itu, Liu mulai memahat anak-anak tangga agar isterinya dapat turun gunung dengan mudah. Dan ini berlangsung terus selama 50 tahun.

Setengah abad kemudian, di tahun 2001, sekelompok pengembara (adventures) melakukan explorasi ke hutan itu. Mereka terheran-heran menemukan pasangan usia lanjut dan juga 6000 anak tangga yang telah dibuat Liu. Pasangan ini hidup dalam damai selama lebih dari 50 tahun. Suatu hari Liu yang sudah berusia 72 tahun pingsan ketika pulang dari ladangnya. Xu duduk dan berdoa bersama suaminya sampai Liu akhirnya meninggal dalam pelukannya. Karena sangat mencintai isterinya, genggaman Liu sangat sukar dilepaskan dari tangan Xu isterinya. "Kau telah berjanji akan memeliharakanku dan akan terus bersamaku sampai aku meninggal, sekarang kau telah mendahuluiku, bagaimana akan dapat hidup tanpamu?" Selama beberapa hari Xu terus menerus mengulangi kalimat ini sambil meraba peti jenazah suaminya dan dengan air mata yang membasahi pipinya. 

Pemerintah telah memutuskan untuk melestarikan "Anak Tangga Cinta" itu, dan tempat kediaman mereka telah dijadikan musium agar kisah cinta ini dapat terus hidup.




Terimakasih atas kunjungannya,
SaLam Etika,

87 komentar:

  1. mirip sih ceritanya sma yg sudah pernah aku baca, tp bukan dr cina melainkan dr india.. ini ceritanya ditulis sm sobat kita penghuni 60

    http://penghuni60.blogspot.com/2013/02/ketika-cinta-bisa-membelah-bukit.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah mbak uswah, saya memang tidak mencari tau kebenaran nya..

      Hanya berharap ini bermanfaat buat siapa saja :)

      #thanks infonya

      Hapus
    2. Sangat bermanfaat InsyaAllah..

      Hapus
  2. wow...kisah yg sangat bagus,cinta sejati terbawa sampai akhir hayatnya. hidup di pegunungan 50 thun..ckckck luar biasa dan membuat anak tangga 6000 di gunung itu.

    keren banget nih kisahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, apalagi dijaman sekarang ini susah menemukan wanita yang bersedia hidup di tempat seperti itu :)

      Hapus
  3. betul2 kisah mengharukan,
    Kehidupan asli mengandalkan alam

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya sayang :)

      Hapus
  5. Sangat mengharukan!semoga kisah ini jadi insfirasi ,khusus nya untuk saya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Semoga bisa menginspirasi...

      Hapus
  6. sangat-sangat romantis plus haru,kisah cinta seumur hidup ya mbak.

    BalasHapus
  7. ane prnah liat ini nih di TV kang , seumur hidup cinta mereka O:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang? Kupikir tadi pemilik blog ini bukan laki-laki...
      e__e

      Hapus
    2. waduuuhhh, emang bukan mas mas kaliiii....
      Apa enggak jelas foto ku, namaku, menandakan bahwa saya ini perempuan??

      OH my God..
      #Pingsan :'(

      Hapus
    3. XD
      jangan pingsan mbaksist. Saya juga sering dikira mas-mas lho.#eh tapi ikonku sama namaku mendukung mungkin ya. curhat deh. XD

      Hapus
  8. Hmmmmm ada jg yah kisah yang indah seperti ini.. semoga abadi tangga2 itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di abadikan oleh pemerintah mas, yah semoga tetap dijaga selamanya :)

      Hapus
  9. Nyimak aja ya sob..

    salam kenal aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, dan salam kenal :)

      Hapus
  10. ternyata masih ada cerita cinta rpmeo dan juliet di jaman modern ini,patut kita contoh kisahnya dan kesetiaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, masih ada...
      Anda dan pasangan Mau jadi yang berikutnya?
      hehehe :)

      Hapus
  11. wao, ternyata ada kish yang semacam itu, btw pasangan tersebut punya anak g ya, setelah hidup sekian lama di dalam gua, tanpa listrik, dan tanpa internet pula, hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, aku mah gak janji bisa betah deh :)

      Hapus
  12. mnyimak lgi dan lnjutin baca dri yg kmren mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, dan Terimakasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  13. aku pernah menyksikan kisah ini lewat Tv mbak..hmm nice ya..terhau biru

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw haru biru memang warnanya biru ya mbak amri

      Hapus
  14. mengikuti alur cerita yang mendayu2...hahayyyy

    BalasHapus
  15. dulu ak pernah baca artikel ini dan aku tema kan pada siaran yang membahas tentang cinta ... wuiih respon pendengar sangat luarbiasa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw...
      Tema cinta memang selalu menarik, apalagi jika itu kisah nyata :)

      Hapus
  16. wow... cinta yang luar biasa...
    CInta tak memandang usia, begiut juga dengan kerasnya kehidupan, jika sudah cinta apapun bisa dilakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali,
      Terimakasih sudah berkenan membaca nya :)

      Hapus
    2. iya sama2 mbak,,, berhubung belum ada tulisan lain, jadi saya absen disini aja ya, hahah

      Hapus
  17. Jadi inilah yang namanya seluk beluk cinta, atau Lika liuku cinta ya sobat..hehee..
    terima kasih sudah berbagio sobat
    salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses juga pak :)
      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
    2. sama sama, terima kasih juga sudah datang di blog saya

      Hapus
  18. ini membuktikan, kalau cinta itu perlu, nggak hanya harta saja.

    ibu ibu jaman sekarang pada bilang kalau jaman sekarang cinta sudah nggak penting, yang penting kemapanan. dia kira enak hidup tanpa cinta..oppss..keceplosan nih saya sob, maaf ya. hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...
      hati-hati di serbu ibu-ibu mas :)

      Hapus
  19. merinding bacanya mbak..ini contoh aplikasi cinta yang luar biasa. begini nih yg namanya cinta mati..
    jadi penasaran pengen ke china deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terkabul, bisa jalan-jalan ke China... eh, maksudnya bisa pergi ke China
      #kalo jalan-jalan bisa pakai mampus dong :)

      Hapus
    2. jangankan ke china, jalan2 dari pekanbaru jalan kaki ke jakarta mungkin mampus..haha

      Hapus
  20. wah, dari kisha cinta dan kemudian dijadiin museum untuk dikenang mengenai cinta.... wah, hebat ya. dari Indonesia ada nggak ya kisah cinta seperti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hem, beLum tau nih...
      ada gak yah??
      #mikir

      Hapus
  21. sungguh mengharukan, saya pernah membaca yang serupa tapi di india, bukan membuat tangga, tapi membelah gunung menjadi jalan (selama 20 tahun...)

    mengajarkan kepada kita betapa kita harus menjaga baik2 pasangan kita, supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kata mbak Uswah juga begitu...

      Benar sekali, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  22. kunjungan perdana nih.. (visit back ya..)

    subhanallah, kisah yang luar biasa,, menginspirasi banyak orang akan arti cinta yg sesungguhnya.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  23. Kisah cinta yang mengharukan. Cinta yang berselimutkan kehangatan kasih-sayang.

    BalasHapus
  24. Sangat mengharukan sob... moga bisa kita ambil hikmahnya ... thanks sharenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan terimakasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  25. wah saya sudah pernah baca ini.hehehe

    #kunjungan perdana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,..
      Terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  26. cinta nya kalau buat Allah betapa hebatnya orang tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan kecintaan kepada manusia dengan kesadaran bahwa ia adalah makhluk ciptaan Allah merupakan bentuk kecintaan kepada ALLah...

      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  27. hadir pagi2 mbak, mau ngopi nih. :)

    BalasHapus
  28. saya juga hadir mbaksist, sore-sore.
    minumnya teh saja ya. :)
    #gubrak. :v

    BalasHapus
  29. kapannn nihhhh updatenya ditungguuu kangennn eyyy :)

    BalasHapus
  30. pernah nih aku liat di on the spot hehe

    BalasHapus
  31. seandainya semua mau menghargai apa yang bis diperbuat dengan cinta, maka bumi ini kan selalu damai dengan cinta..tanpa ada perselingkuhan yang mengatas namakan cinta....peace :-)

    BalasHapus
  32. waduh mba blum update ajah nih , lanjutin baca ini ajah deh

    BalasHapus
  33. seneng dengan etika, ceritanya ini maksudnya mbak hehe.....

    BalasHapus
  34. senym yang selalu merekah bahagia

    BalasHapus
  35. salam kenal sist... senym selalu

    BalasHapus
  36. Subhanallah, sebuah kisah yang luar biasa. Terima kasih mbak ini akan menjadikan sebuah motivasi untuk berbuat yang terbaik buat orang yg kita cintai.

    BalasHapus