Rabu, 11 Desember 2013

"TERTULAR" TEH TAWAR

Assalamu'alaykum wr wb sahabat Blogger semua.
Kali ini saya ingin bebagi sedikit pengalaman semasa kuliah dahulu.
Saya memiliki seorang teman, sahabat, serasa sudah seperti saudara. Beliau banyak sekali memberi pengaruh tidak hanya dalam struktur pengetahuan saya, tetapi juga semangat, dan metode gerakan, bisnis, bahkan sampai menu masakan. Wah, sekiranya dia sebuah toko maka akan layak disebut "TOKO SERBA ADA" hehehe :) (Semoga saja orang nya tidak baca, ntar gue di jitak lagi)

Salah satu yang saya ingin bagi adalah beliau berhasil menularkan ke saya kesukaannya menikmati Teh hangat tanpa gula. Seingat saya waktu itu beliau senang membeli teh yang kiloan di supermarket, yang bentuknya masih asli serpihan-serpihan daun teh kering. Sehingga perlu di rebus dahulu ketika akan di sajikan. Mungkin bagi teman-teman yang lain, hal ini sudah biasa berhubung disana ada kebun teh. Tetapi di Sulsel terkhusus di Makassar itu tidak biasa karena kebanyakan yang di konsumsi adalah teh yang sudah di olah pabrik tertentu. Meskipun di Malino, Kabupaten Gowa ada kebun teh (kalau tidak salah hehehe). 


Gugel Punya


Pada waktu itu saya sekedar ikut menikmati karena rasa penasaran macem apa rasanya, tanpa tahu kenapa teman saya ini menikmati teh dengan cara seperti itu. Dan setelah mencoba, saya pun jadi kebiasaan menikmati wangi teh dengan rasa sepatnya. Hal itu berlanjut hingga kami berpisah dan saya sudah tidak di Makassar lagi. Di Parepare pun saya masih kadang menikmati teh tanpa gula, sampai kadang keluarga dan teman-teman yang lain pada nanya (emang enak Tik?) dan baru awal Desember ini saya tahu apa manfaat dari teh tawar tersebut. Setelah merenung kenapa saya ikut-ikutan suka, dan iseng untuk nanya-nanya Om Gugel lalu dapat deh infonya. Saya sedikit tercenung membaca artikel yang saya temui, karena jika menimbang dari kondisi saya, saya sesungguhnya tidak tepat untuk mengkonsumsinya dengan cara seperti itu secara kontinu. 

Apa yang saya temukan?
Yah, ternyata teh tawar sangat bermanfaat untuk orang-orang yang dalam program diet karena berfungsi mengurangi timbunan lemak dan menurunkan berat badan. Sekali lagi yah, ini dia yang tidak cocok buat saya. Menurunkan berat badan, secara saya justeru butuh untuk menaikkan berat badan. Hikz :'(

Tetapi ada yang sedikit menghibur, bahwa teh tawar banyak mengandung polyfenol berguna untuk mencegah timbul dan berkembangnya sel kanker yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kandungan mangan (Mn) dalam teh bisa membantu penguraian gula menjadi energi jadi jika kadar gula dalam darah kita tinggi, teh tawar bisa menjadi alternatif dalam meminimalisir hal tersebut karena kandungan yang ada didalamnya. Dan tentunya meminum teh dalam keadaan hangat mampu menyegarkan tubuh, karena kandungan kafein yang dapat merangsang sistem syaraf tubuh kita sehingga pengambilan oksigen ke dalam tubuh lebih lancar.

Dan intinya, saya menemukan banyak hal yang semestinya saya tahu karena mencari tahu soal ini. Salah satu nya adalah manfaat teh untuk menurunkan gula darah. Secara Ibu saya adalah penderita Diabetes sejak lama. Alhamdulillah...

Jadi, teman-teman yang ingin menurunkan berat badan sesungguhnya menurut saya gak perlu repot mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli "jenis teh" yang mahal hanya karena menjanjikan berat badan yang ideal. Cukup beli teh yang biasa teman-teman konsumsi kemudian sajikan dengan hangat tanpa gula.

Tapi, teman-teman perlu cari tahu lagi soal perbedaan teh yang masih dalam bentuk kepingan-kepingan dan teh yang telah di olah dengan pabrik. Hehehe :)

Sekian, 

Salam Etika.

121 komentar:

  1. Saya belum pernah coba mbak kalau menikmati teh tanpa gula..

    BalasHapus
  2. Oo tuk diet yaaa.. Tapi rasanya aneh kalau tanpa gula

    BalasHapus
  3. seya sebagai orang Jawa Barat yang keseharianya selalu menum teh tampa gula,jujur baru tahu kalau minuman tersebut sangat banyak manfaatnya,bahkan bisa menurunkan berat badan,,,Terimakasih mbak untuk artikel yang satu ini,salam succes selalu....................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sama-sama mas... Terimakasih atas kunjungannya :)
      salam sukses selalu

      Hapus
    2. setuju sama kang dede dan artikel ini :)

      Hapus
    3. saya sudah terbiasa minum teh tawar nih kak, tapi temen-temen suka ngeledek katanya "kayak orang tua aja, gak suka teh manis" :D
      lucu banget komentar mereka .

      Hapus
    4. eh kak,, boleh dong mampir kesini ya .. support blog aku :)) . makasih .

      Hapus
    5. Okeee tenang aja mizz tia saya akan suport Bloggnya mizz disini hehe
      Mizz tiaa mizz tia mizzz tiaaa hore :D

      Hapus
    6. Insya Allah, selalu di support :)

      Hapus
  4. slamat mlm mbk. wah tip yang bermanfaat sekali mbk. trmksih dah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mala, Alhamdulillah sama-sama :)

      Hapus
  5. Saya sudah pernah rasa tapi kurang suka karena saya lebih meminati kopi..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, tergantung selera dong yah hehehe :)

      Hapus
  6. Perlu di coba nh!biasa nya saya minum th manis/kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo, di coba :)
      (ih, macem iklan sudah ini hehehe)

      Hapus
  7. Teh tawar?boleh juga dicoba tuh...thanks atas shared-nya, Mbak!

    BalasHapus
  8. suwer saya baru tahu disni kalau ternyata minum teh tawar ternyata bisa menurunkan berat badan....tapi siapa ya yang tak kasih tau supaya minum teh tawar secara rutin...n'tar tak keliling desa dulu nyari yang gendut dan bohay, kalau nemu ...pasti tak suruh minum teh tawar deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehehe, Kang ini paling bisa dehhh
      jadi senyum-senyum kita ini tengah malam :)

      Hapus
  9. saya paling suka mb,,, teh tawar,,,
    teh tanpa gula,,,, selalu minum,,,baik hangat maupun pake es,,,,

    g suka manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak maya kan udah manis :)

      Hapus
    2. SEPATU (sepakat dan setuju) sama mas Budi os 19 :)

      Hapus
    3. dulu , ibu saya masih menggunakan teh kasar,kemudian disaring, rasanya sangat berbeda sekali mbak.
      dan jika dijadikan teh tawaaaa, tehnya terasa banget

      Hapus
  10. Bisa menurunkan berat badan ya?padahal saya sudah langsing hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu jangan di minum dengan tawar tambah gula dikit lah :)
      sesekali tak apa kali yah :)

      Hapus
    2. Oke mbak!Boleh lah kirim saya teh+gula nya.stock d rmh sdh menipis

      Hapus
  11. Bisa menurunkan berat badan ya?padahal saya sudah langsing hehe...

    BalasHapus
  12. Mungkin minum teh tawar lebih sehat ya mbk dibanding yang manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak juga sih, karena gula juga punya manfaat sendiri dong :)

      Hapus
  13. teh tubruk emang lebih berasa mbak..ketimbang teh yg di celup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau yang nubruk domba garut ya mas, pasti lebih berasa lagi :)

      Hapus
    2. Hehehe :)
      Macem kopi Luwak gitu? hehehee

      Hapus
    3. Haha...jgn2 kang ucup
      Yg udah pernah di tubruk ya.. :D

      Hapus
  14. Wah sepertinya saya harus mengurangi kebiasaan teh manis nih. Biar dikit turun. Eh

    salam kenal Mbak Tik.

    salam persohiblogan :)

    BalasHapus
  15. Infonya bagus banget ni mba,sukses ya

    BalasHapus
  16. bagus lho mbak,
    bahkan setau saya istilah teh manis populer di indonesia,
    di negara2 lain, teh ya teh, seperti di Jepang, mereka menyajikan teh bukan teh manis,
    selain sehat, teh punya sensasi sensiri sewaktu dinikmati hangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beanar sekali mas, di Indonesia penduduknya rata-rata suka yang manis kali yah :)

      Hapus
  17. waalaikumsalam, ternyata pernah tinggal di makassar dan pare-pare juga ya,
    kalau di makassar, memang pada umumnya orang minum teh tawar, baik hangat maupun dingin, kalaupun ada yang pesan teh manis, biasanya diberitahu kepada pelayannya teh tawar pakai gula atau teh manis...... , teh tawar memang mengandung banyak manfaat buat kesehatan tubuh.... salam ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya memang tinggalnya di Parepare Pak Hariyanton :)
      selama ini yang saya temukan yang suka teh manis, alhamdulillah ternyata tawar lebih bermanfaat ... salam :)

      Hapus
  18. di Kalimantan Selatan juga terkenal dengan teh tawar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah? baru tau..terimakasih infonya!

      Hapus
  19. Nice blog. KUNING :)

    salam, kunjngan perdana, TEH emang bnyak khasiatnya, tapi jgn lupa temennya KOPI jg demikian,. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya :)
      Bagi penikmat kopi, selamat bereksperimen aja deh hehehe

      Hapus
  20. teh yang nikmat dan banyak kahisatnya nih ;)

    BalasHapus
  21. saya sering minum teh tawar Kak, bukan untuk menurunkan berat badan, tapi hanya ingin menikmati rasa teh pure...asli...tidak bercampur lainnya...terutama menikmati sepet nya...(aneh kan?)

    BalasHapus
  22. Ooohh jadi si mbak ini kurus yaa kok mau menaikkan berat badan??
    Yaaa suihh mbak teh tawar memang bisa menurunkan berat badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah kira-kira mbak, tinggi 158 berat badan 47 kan kurus tuh namanya hehehe :)

      Hapus
    2. Yaaa siihh.... Aku ajja yang pendek berat badan 50 lebih hehee

      Hapus
  23. skrg aku udah membiasakan diri minum teh hijau anget tanpa gula setiap hari. Tdnya sih ga tahan pahit sepetnya. Eh lama2 nikmat jg kok. Skrg klo minum teh pake gula malah jd eneg 'n pusing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, lebih nikmat ketimbang pakai gula :)

      Hapus
  24. teh tawar juga bisa mencegah kanker juga

    BalasHapus
  25. Kl ternyata fungsinya utk menurunkan berat badan, berarti gak cocok juga bt saya, mbak...

    BalasHapus
  26. saya maunya naikin berat badan mba :o hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu, jangan lakukan saran di atas secara kontinyu hehehe :)

      Hapus
  27. wah sepertinya mbak maria mau jadi seperti ibu saya nih.. hehehe

    ibu saya juga suka minum teh tawar lo mbak, hampir tiap pagi ibu saya minum teh tawar.. selain segar teh tawar juga menyehatkan kok mbak.. jadi kebiasaan minum teh tawar itu bagus.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kenalin dong hehehe :D

      Hapus
  28. Alhamdulillah dalam setahun terakhir, saya termasuk salah penikmat teh tawar. Teh biasanyayang saya buat bukan teh celup, tapi teh tubruk. Awalnya nggak enak, eh lama-kelamaan jadi bisa menikmati aroma dan rasa teh tanpa gula.
    Saya semakin bersemangat ketika membaca tentang teh, ternyata di beberapa negara penyajiannya justru tanpa menggunakan gula.
    Salam silaturahim dari Blitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam :)
      Iya yah, dulu juga mikirnya kenapa di negar luar teh disajikan tanpa gula sedang kan di Indonesia pada umumnya pakai gula :)

      Hapus
  29. wa'alaikumsallam wr.wb saya juga suka sekali lhoo mbak minum teh tawar ini hehe tapi baru sekarang saya tahu manfaatnya :D hehe maklum saya jarang baca baca hal hal yang kayak gini dan makasii yah mbak atas infonya sungguh sangat bermanfatt sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :)
      Alahamdulillah jika bermanfaat!

      Hapus
  30. sudah lama aku menikmati teh panas kental pahit, rasanya sedap dan sehat

    BalasHapus
  31. wah saya jarang banget mbak minum teh tawar, tapi lebih suka teh manis, biar ikut ketularan manis nya hehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya mbak tergantung selera toh :)

      Hapus
  32. Saya juga suka teh tawar mbak. harus pabdai mengurangi gula agar lebih sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, apalagi macem saya...ada riwayat diabetes dari Ibu :)
      Terimakasih sudah berkunjung!

      Hapus
  33. Dulu saya suka minum teh hangat tanpa gula, tapi kebiasaan itu sekarang hilang karena menjadikan perut kembung. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana tidak kembung, minum nya segentong hehehe
      (Just kidding loh yah :) )

      Hapus
    2. Untung ga segalon
      #kidding juga :)

      Hapus
  34. saya suka teh tawar, tapi lebih suka teh dengan gula, gulanya tropicana slim ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu cara Ibu ku menikmati teh, dwi cantik :)
      hehehehe...

      Hapus
    2. Sy juga suka yang slim slim an :)

      Hapus
  35. wah wah kalau tampa gula sih ingat saya dulu waktu kena diare disuruh minum hii sepet banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, teh tawar plus garam ketika diare itu sangat manjur :)

      Hapus
  36. kala saya yang udah kurus begini & terus mengkonsumsi teh tawar ini bagaimana jadinya nanti mbk. hehe

    kunjungan perdana & salam kenal dari saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, terimakasih...
      sama mas, saya juga menghawatirkan itu hehehe

      Hapus
  37. waduh teh tawar yah .... sering sih minum teh tawar tapi kalo persedian uang saku menipis,....hehehehe

    BalasHapus
  38. wah teh tawar hanya sya minum di warteg kalo persdiaan uang saku menipis ,,,,hhehehe

    BalasHapus
  39. Emang mbaa, sudah coba kok teh tawar sejak sekolah, dasar emang bulet nih, hehehe bandel gak mau turun...hihi, salama bw deh mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iyakah?? hem...belum terbukti berarti yah? :)
      salam BW deh mbak :)

      Hapus
  40. teh tawar itu rasanya lebih seger dan bikin ketagihan ya mbak :)

    BalasHapus
  41. wah. kalau lagi sakit perut saya minum nih teh tanpa gula :) sakitnya jadi berkurang. kata ibu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut yang saya baca, teh juga mengandung antioksidan yang tinggi... mungkin karena itu :)

      Hapus
  42. waduh, cocok nih buat yang punya penyakit diabetes, banyak khasiatnya

    BalasHapus
  43. ternyata ada manfaatnya serta khasiatnya ya mbak, baru tahu saya... padahal sudah lama menkonsumsi teh tawar

    BalasHapus
  44. ternyata ada manfaatnya serta khasiatnya ya mbak, baru tahu saya... padahal sudah lama menkonsumsi teh tawar

    BalasHapus
  45. judulnya menakutkan hihi,, tapi setelah baca ternyata banyak manfaatnya untuk teh tawar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  46. emang sih teh bisa menurunkan berat badan bila sehari hanya minum teh saja... :P
    teh tawar lebih menenangkan jika disajikan masih hangat apalagi cuaca dingin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya juga yah :D
      Jangankan teh tawar teh manis pun jadi kalau sehari nya cuma itu hehehe, paling bisa :)

      Hapus
  47. Blogwalking sambil minum teh m

    BalasHapus
  48. Mampir sekalian numpang nge teh
    Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat dini hari Mbak Maria...
      Wah ternyata teh tawar bisa bermanfaat membantu mengurangi berat badan ya mbak, terimakasih mbak udah sharing informasinya :)

      Hapus
    2. ayo mas Budi proost dulu hehe...

      Hapus
  49. Cik awi pesan teh hangat nya juga mbak..

    BalasHapus
  50. saat nulis komen ini kebetulan saya lagi minum teh hangat tapi saya kasih sedikit gula mbak soalnya belum terbiasa minum teh tanpa gula hehe...

    BalasHapus
  51. Aku sih belum pernah nyoba yang tanpa gula gan. Tapi kalo minumnya bareng agan semuanya jadi manis . Hehehe

    BalasHapus
  52. Wah..udah seperti wanita jepang ya mba :D kalo ane kagak tahan kalo gak ada gula.. parah ya

    BalasHapus
  53. pake tropicana slim aja kaa ;)

    BalasHapus
  54. Dulu saya biasa minum teh tawar, tapi semenjak punya istri, sering dibikinin teh tawar campur gula

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas informasi yang sangat menarik ini =))
    Agen Casino
    http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/sCBswn | http://tinyurl.com/plzqfn6 | http://pour.pw/865664
    Agen Bola

    BalasHapus