Selasa, 24 Desember 2013

MANFAAT BUAH MANGGA

Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.

Setelah postingan sebelumnya tentang Novel Paulo Coelho, yang berjudul Veronika Memutuskan Mati. Kali ini Tika ingin memberi sedikit informasi kepada sahabat semua mengenai manfaat buah mangga. Hal ini terinspirasi dari kegiatan dirumah kemarin, ketika Bapak ku memanen buah mangga yang ada di pekarangan rumah kami. Alhamdulillah kali ini buah mangganya lumayan banyak, dan rata-rata sudah hampir masak. By the way istilah masak cocok gak yah untuk buah? atau kata matang mungkin lebih cocok yah. Kadang istilah masak lebih sering saya jumpai digunakan disini pada masyarakat pada umumnya, entah di tempat sahabat-sahabat semua. (entahlah, soal bahasa nanti kita tanyakan pada yang lebih ahli)

Manfaat Buah Mangga
Punya EtikaMaria
Bapak memutuskan untuk memetik buah mangga yang sudah hampir masak (matang) karena kalau malam si mangga jatuh-jatuh di kerubungi kelelawar padahal buah mangganya baru saja mengkal dan masih agak keras, tapi tetep saja kelelawar doyan. Tetapi setelah mangganya selesai di petik dan kami periksa satu persatu ternyata sudah ada beberapa buah yang masak, dan kami sekeluarga berkumpul menikmatinya (cuma ada Mama, Bapak, sama Tika. Maklum saudara saya yang lain di kota lain). Dah liat foto diatas kan? itu dia mangganya, rasanya lebih enak dari mangga yang dijual di supermarket secara mangga yang ini masak di pohon dan baru di petik hehehe... (Dilarang ngiler, hehehe). Sekedar tambahan informasi kepada teman-teman semua, ternyata manfaat mengkonsumsi buah mangga bagi tubuh kita itu sangat banyak apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Musim hujan seperti saat ini, tubuh kita membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Bersentuhan dengan cuaca dingin, terkena hujan, tentunya membuat tubuh drop dan rentan terkena flu dan pilek. Nah, mengonsumsi buah mangga yang banyak mengandung vitamin C adalah salah satu solusinya, selain itu mangga juga banyak mengandung vitamin A juga yang berguna untuk menjernihkan penglihatan dan mencegah mata kering. Dan kandungan buah mangga yang lain adalah senyawa antioksidan yang cukup efektif dalam mencegah serangan kanker yang biasanya datang dari banyaknya zat oksidasi yang dihasilkan tubuh.

Dan buah mangga tidak hanya efektif di konsumsi saat musim hujan saja, tapi juga sangat baik ketika musim kemarau. Karena teriknya sengatan matahari dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. "Serangan panas" menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Pada saat-saat seperti ini pendinginan tubuh dengan mengkonsumsi jus mangga amat di sarankan karena buah mangga mampu melenyapkan panas dalam. Serta telah menjadi pengetahuan umum kita bahwa buah mangga mengandung serat yang dapat membantu kelancaran pencernaan dan sekresi hasil pencernaan.

Nah, buah mangga selain enak juga sangat bermanfaat bukan?. Tapi kira-kira menurut sahabat-sahabat ada gak yah orang yang gak suka mangga atau alergi mangga atau yang lebih ekstrim lagi pobia terhadap mangga?. Wah, tentunya repot yah mesti mencari solusi lain untuk bisa memenuhi asupan vitamin nya hehehe..

Secara umum, buah memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Oleh karena itulah kenapa setiap kali kita membaca tips untuk hidup sehat, di dalamnya selalu disarankan untuk mengonsumsi buah mangga.

Sekian,
Salam Etika,

85 komentar:

  1. Selamat Pagi Mbak Maria simak artikel bermanfaat nya ini
    Ternyata buah mangga selain enak di makan ternyata banyak
    Juga vitamin dan nutrisi di dalamnya yah Mbak. terima kasih
    Sudah berbagi info sehat salam sukses selamat Beraktivitas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh keduluan sama kang saud nih ..pagi yang cerah mbak maria .. saya jujur sangat suka buah mangga aplagi kalau dihidangkan menjadi makanan penutup .. enak apalagi jusnya :D

      Hapus
    2. Hehehe..
      Benar sekali mbak Friska, saya juga sangat suka mangga...mau mangga muda kek, matang kek, pokoknya enak aja lah :D

      Hapus
    3. Mangga memang enak tapi tak senikmat makan buah wortel.
      Kalau saya wortel ever forever dahh. .:)

      Hapus
    4. saya mau dong mangga bakarnya..ehh...

      Hapus
    5. Yang di goreng juga ada, mau?? hem...ckckckck

      Hapus
  2. selamat pagi tika...makan mangga dgn pulut utk sarapan pagi sedap juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi kak, pulut itu apa kak? hehehe harap maklum :)

      Hapus
    2. kalau betul nih mbak, pulut itu dadak, nah apa lagi nih dadak, dadak itu getah yang ada di mangga..
      mangga kan ada getahnya

      Hapus
    3. Haah? iyakah?
      berarti maksud kak Parida itu beliau makan mangga dengan getahnya untuk sarapan gitu?? masa' sih?

      Hem,,,kalau dalam bahasa bugis ada yg disebut pulut tapi artinya itu ketan. Tapi kak Parida ini kan dari Malaysia...so kita gak ngerti dia pe maksud apa :)

      Hapus
  3. Buahnya pasti manis" tu mbk seperti mbk tika :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau dari mana saya manis? hehehe...

      Hapus
  4. selain rasanya nikmat, ternyata mangga saratt akan manfaat yaa ;) hemm makasih ka udh share

    BalasHapus
  5. OK Mbak, saya akan teruskan menikmati buah mangga, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, mangga colongan lah hehehe :D

      Hapus
    2. mangganya mbak marialah xixixixi

      Hapus
  6. klo org jawa sh bilangnya ngga masak tapi mateng ..... hehe.

    kyakny ddepan rumah org tua sy jug lg panen mangga nh.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, segera di panen dan nikmati :)

      Hapus
    2. tpi syangnya sy lg nggak drumah ... :)

      Hapus
    3. Sabar aja kalo gitu hehehe :)

      Hapus
    4. coba kalo ada mangga turun dri langit ,,,,, xixixixixixixi :D

      Hapus
  7. hadduh.. jadi ngiler mangga nih..
    saya suka mangga.. mangga yg manis asalkan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, kerumahku... mangganya sudah matang :)

      Hapus
  8. hati-hati dengan kadar sukrosanya juga besar lho mbak, yang kena diabetes harus dibatasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem, alhamdulillah mas Agus dah pernah tanya ke dokter... katanya kalau gula dari buah itu ndak masalah asal jangan manisan buah aja, karena kadar gula dari buah cepat diserap oleh tubuh

      Hapus
  9. hmmm,.....enak yo mba. dibikin *_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibikin jus enak sekali, ayo ayo kemari :)

      Hapus
  10. Kesukaan saya ini... terutama jenis manalagi, madu atau gadung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto yang diatas itu jenis manalagi Mas Pri, setiap abis makan mangga itu pasti akan bilang "manalagi?" hehehehe :D

      Hapus
  11. Kebetulan saya asli orang Indramayu ( Kota Mangga ) namun sekarang tinggal di jogja sebagai anak kost, sekarang jarang makan mangga, bahkan tidak pernah jika tidak dikirim dari kampung. Namun artikel ini sedikit menghapus rindu saya akan Kota Indramayu dan Buah mangganya. Dan terimakasih juga atas infonya, sebelumnya saya belum tahu akan kasiat buah mangga, ternyata sangat cocok untuk di makan pada musim apapun entah itu hujan ataupun kemarau :) Salam sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah jika bermanfaat...
      salam sukses

      Hapus
  12. Mau donk buah mangga nya,Kandungan vitamin nya bisa meningkatkan daya tahan..wih mantap

    BalasHapus
  13. Saya paling suka sama buah mangga nih mbak..weh kalau begitu bisa tergolong dua dalam satu nih suka sekaligus banyak manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak, saya juga suka sekali :)

      Hapus
  14. Dirumah saya kalau masalah mangga lagi musim panennya kang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang?
      ngomong sama sapa mas?
      Hem.. #celingak celinguk

      Hapus
  15. wahhh ternyata buah mangga bermanfaat untuk mencegah penyakit kangker yah mbak hee.. saya baru tahu :D dan keren tuh gambar mangganya bikin saya ngiler :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, jangan sampe jilat layar yah hehehe :D

      Hapus
  16. Balasan
    1. Boleh, mari makan mangga hehehe :)

      Hapus
  17. Mangga banyak di depan rumah ane mbak :D mau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ini juga lagi panen buah mangga yang di pekarangan rumah mas :)

      Hapus
  18. buah sejuta umat ya mbak....
    3m deh pokoke......murah..meriah.....maknyuzzz :)

    BalasHapus
  19. pantesan saya selalu terlihat awet muda dan selalu keren...rupanya gara-gara hobimakan mangga....hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem, teteeeeeeeeeeeeepppppppppp :p

      Hapus
    2. hehehe numpang lewat ehheeh

      Hapus
  20. pas banget skarang lg musim mangga, sayangnya pohon mangga sebelah gak berbuah :D

    BalasHapus
  21. ngelihatnya saja bikin ngiler..
    hehehehe
    enak kali ya.

    BalasHapus
  22. saya suka mangga, tapi belum mengerti manfaatnya, hmm jadi pengen pulang kampung dan cari mangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kayaknya rata2 temen blogger lagi gak di kampung yah :)

      Hapus
  23. jadi pengen makan buah mangga :) hmmm

    BalasHapus
  24. kalau sayah mah buah mangga dah jadi makanan sehari - hari bahkan sebelum sarapan katannya paling bagus mengkonsumsi buah - buahan mbak...

    BalasHapus
  25. Artikelnya keren sob, ane izin baca-baca yoo :D..

    template blognya juga keren dehh :D, jadi betah disini...

    BalasHapus
  26. Buah kesukaan saya, selain enak ternyata ada khasiatnya juga yah..makasih ah infonya

    BalasHapus
  27. Dibalik enaknya buah mangga ternyata manfaatnya luar biasa.

    BalasHapus
  28. Kalau favorit saya itu di jadiin Jus.itu juga harus beli dulu. karena di daerah rumah saya gak ada pohon mangga lagi, udah pada di tebang. karena katanya merusak jalan

    BalasHapus
  29. Terima kasih telah berbagi tentang manfaat buah mangga.. Yaa bu guru maria..
    Klau mangga di depan rumahku.. Belum hampir masak juga sudah di panen..
    Hehee sudah pengin di makan

    BalasHapus
  30. kebetulan sy suka bgt ama mangga n punya pohon mangga d dpn rumah, juga rambutan..
    jadi tambah semangat nih makan mangganya,.. hehehe

    BalasHapus
  31. ternyata banyak sekali ya mbak manfaat buah mangga ini, terutama bagi kesehatan kita. Jadi kalau bisa kita rutin makan buah mangga ya mbak agar tubuh bisa sehat wal afiat :)

    BalasHapus
  32. Mangga masak di pohon memang paling top deh rasanya. Walau masih ada sedikit getah tetep saja rasanya juara masih utuh pula nutrisinya, Yang menunjang terjaganya kesehatan dari banyak manfaat buah mangga.

    BalasHapus
  33. wah ternyata di dua musim, mangga memiliki khasiat yang beda yak. Cuman kebanyakan orang kok lebih seneng mangga muda, kenapa kira-kira ?

    BalasHapus
  34. Aku juga suka dengan buah mangga, Mbak, he he...

    BalasHapus