Sabtu, 28 Desember 2013

DI "GODA" MINUMAN KEMASAN

Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.

Buah dan Vitamin
Punya GugeL
Sewaktu sedang asyik membuat postingan tentang manfaat buah mangga, tetiba saya terpikir untuk memposting tentang hal ini juga. Sekedar untuk berbagi informasi dan pengetahuan yang berguna bagi kita, dan menurut saya ini jelas sangat kita butuhkan. Berhubung segala sesuatu yang ada di sekitar kita sekarang ini lebih banyak di sediakan secara instan. Sebagaimana kita ketahui bahwa di era digital sekarang ini yang diwarnai dengan berbagai macam merek minuman kemasan di tawarkan tanpa tanggung dengan segala jenis kalimat pamungkas. Salah satunya yang tergoda adalah saya, suka sekali mengkonsumsi vitamin c dengan merek Y*U C 1*** ketika serasa gak enak badan, sedang demam atau sedang panas dalam.


Minuman Kemasan
Punya GugeL
Sebelum terpikir untuk menuliskan ini, saya pernah sempat berdiskusi dengan seorang teman lulusan farmasi yang ujung-ujungnya memberi saran ke saya untuk tidak sering atau malah kalau bisa tidak mengkonsumsi minuman kemasan. Karena kata dia, selain itu mengandung bahan pengawet dan pewarna makanan yang pastinya ada zat kimia lain yang terikut dalam proses pembuatannya. Terus aku bilang "tapi kan banyak mengandung vitamin yang kita butuhkan" dan beliau pun menyanggah dengan berkata "pilihlah sayur dan buah-buahan, itu lebih tokcer".

Minuman kemasan memang dirasa lebih praktis, karena mudah dibawa kemana saja dan tidak perlu repot untuk membuatnya, tinggal disajikan. Tapi ternyata kita perlu mencermati beberapa hal ketika memilih untuk mengkonsumsi minuman semacam ini, teman-teman bisa menyimak hal-hal tersebut yang saya baca di sebuah situs (vemale.com) diantaranya:

Kandungan Gula
Tidak dapat dipungkiri, minuman kemasan pastinya akan mengandung gula dengan kadar yang tinggi. Kandungan gula ini tentunya memiliki dampak negatif bagi kita seperti obesitas, diabetes dan sebagainya.
Kemasan
Minuman dengan kemasan biasanya menggunakan botol plastik yang mengandung bahan tertentu dan tidak sebaiknya masuk ke tubuh kita. Kasihan dong ginjal kita yang harus bekerja keras untuk mengeluarkan zat-zat itu dari tubuh kita.
Bahan Kimia Berbahaya
Pernah mendapati minuman dengan rasa yang aneh? Mungkin di dalamnya terdapat zat kimia seperti pewarna dan zat kimia lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi energy drink karena dapat memberikan dampak pada jantung kita. Misalnya debaran jantung yang menjadi cepat.

Yang disarankan adalah, sebaiknya kita lebih banyak mengkonsumsi air mineral biasa (bukan kemasan loh), atau kalau sedang buth yang segar bisa pilih jus buah atau air kelapa. Air mineral mampu membersihkan tubuh dari racun-racun dan zat yang tak diperlukan, sedangkan air kelapa cepat diserap tubuh. Ah, seketika jadi pengen minum es kelapa nih hehehe :) #MeluncurKeTKP


Sekian, Semoga Bermanfaat,
Jangan Lupa beri +1 yah hehehe :)

Salam Etika,

54 komentar:

  1. Saya kalo minum yuk Si, dipastikan perut langsung tepar kesakitan nggak tahan terasa perih. Mending mblender beberapa buah yang dimix jadi satu dengan rasa nano nano tapi berkhasiat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti pandai2 milih buah juga yah :)
      Kadang ada buah yang di jual sebelumnya di rendam bahan pengawet !

      Hapus
  2. betul2, mending minum air kelapa aja, langsung dari batoknya.. wuih seger bgt ituh.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saat terik yah, wuih mantap tuh,,lupa utang yg sudah dibayar :)

      Hapus
  3. bener mb , sy sih lebih memilih minum air putih ... kadang klo lag pengin aja nyruput kopi atau teh .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lebih baik begitu.. karena air putih mampu membersihkan tubuh dari racun dan zat yang tak diperlukan, apalgi buat yang selalu menkonsumsi obat-obatan seperti Ibuku yang diabetes... itu sangat disarankan menkonsumsi air putih lebih banyak utk membantu kinerja ginjal

      Hapus
    2. semoga ibunya mb tika sehat selalu yah ... :)

      Hapus
  4. minum jus buatan sendiri...

    BalasHapus
  5. betul sekali itu mbk
    kita masih punya tangan yang bisa kita gunakan untuk membuat minuman yang lebih sehat dibandung buatan pabrik
    udha belik pakek uang, tidka bermanfaat lagi buat tubuh kita.
    mksh mbk atas infinya
    mulai antisifasi dari sekarng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,kita kadang rela membayar apapun untk menyenangkan kita :)

      Hapus
  6. Kalau saya pribadi jarang mbak, tapi terkadang anak2 yang susah dinasehati, kayaknya sudah tergoda dengan iklan yang gencar di media

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem, benar sekali...anak2 lah yang sulit untuk di jauhkan dari godaan ini :)

      Hapus
  7. Sepertinya mmg, semakininstan semakin menkhawatirkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan semakin modern makan semakin banyak yg instan :)

      Hapus
  8. Kalau gitu buat jus buah sendiri aja biar praktis dibawa kemana-mana, sehat pula hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sisa pandai2 ngatur waktu yah mas hehehe :)

      Hapus
  9. benar juga ya. minuman dalam kemasan sudah pasti mengandung banyak bahan pengawet. kalau orang yang sudah dewasa sih mungkin bisa menghindari. nah, kalau anak-anak pasti sulit ya mbak untuk menghindari minuman dalam kemasan ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mesti pandai memberi alasan dan penjelasan :)

      Hapus
    2. anak kecil justru paling gampang dicegah kang Ucup,daripada yang dewasa hehe

      Hapus
    3. sepertinya pak dede benar.. yg tua terkadang lebih sulit dicegah

      Hapus
  10. Minuman softdrink sekarang menjadi momok yang berbahaya bagi kaum muda Indonesia, mungkin soal rasa begitu menggoda tetapi secara khasiat Air putih tetap nomor satu :) Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya akui suka sekali minum yusi wantausan hehehe :D

      Hapus
  11. jaman serba praktif manusiapun senang yang praktis-praktis padahal bahaya acap mengancam ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, mungkin karena keinginan yang semakin bertambah dibalik berkembangnya jaman,,,dan manusia lebih cenderung pada hal2 yg praktis :)

      Hapus
  12. wah mbak kalau saya suka es degan yang pinggir jalan itu lho....segarnya minta ampun dan pastinya murah meriah..hehe

    BalasHapus
  13. Yang instan pasti beresiko mbak..tapi terkadang juga kita butuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kadang lagi mbak, sering hehehe :)

      Hapus
    2. soalnya praktis kali yah hehe

      Hapus
  14. Bener juga tuh yang dikatakan temennya, saya juga lebih suka buah dan sayur, walaupun terkadang kepengen juga kalau pas lihat temen meminumnya,,,,thanks dech infonya, Mbak, nice shared and +1, he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, terimakasih +1 nya :)
      kadang juga ketika di traktir temen kan? pasti akan kita minum...

      Hapus
  15. yang asli selalu yang terbaik.maksudnya mendingan makan semangka asli daripada yang sudah dikemas,mendingan makan buah mangga asli daripada minum jus mangga dalam kemasan,,,,ok terimakaish mbak untuk artikelnya,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga yah mas, kalau ada yang asli kenapa pilih yang KW :)

      Hapus
  16. Minuman kemasan ternyata banyak resiko nya,yang alami lebih menyehat kan

    BalasHapus
  17. Nice share..
    Untungnya aku nggak suka minum minuman kemasan..
    Jika ada aku lebih suka makan buahnya langsung
    Juice bikinan sendiri juga aku kurang suka

    BalasHapus
  18. baru tahu kalau resikonya sebesar itu jika sering minum minuman kemasan .. hmm... semoga berkurang deh kebiasaan gak baik ini

    BalasHapus
  19. namanya juga enak, mau gimana lagi, hehe

    BalasHapus
  20. tiap minum kemasan, tenggorokan sy protes n jadi radang karenanya. yg alami2 lebih bergizi dan aman bagi tubuh

    BalasHapus
  21. Dewasa ini memang sangat susah mb tika kalo cari yang bukan instan.

    BalasHapus
  22. tapi jaman sekarang repot klo cari yg ori, mbak. buah pun sekarang disuntik pewarna biar tampak segar.... minuman buah pun juga ditambah pemanis buatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. serba palsu yah mas Budi,,,buah palsu ,cinta palsu hehehe

      Hapus
  23. Wah ternyata minuman juga suka menggoda orang juga ya mbak?

    BalasHapus
  24. Selamat Pagi jelang Siang Mbak Maria.Memang betul yah Mbak
    Minuman Kemasan sangat menggoda dan menggiurkan? namun
    Betul sekali semakin Instan maka semakin Prihatin apakah kesehatan itu
    Bisa di jamain 100% dengan kemasan yang sangat menggoda itu.? :)

    BalasHapus
  25. Banyaknya yg memilih minuman kemasan karena segi kepraktisannya hehehe... walaupun emang sudah tahu ada zat kimia dan bahan pengawetnya

    BalasHapus
  26. kadang2 mngkonsumsi juga :)

    tapi lebih memilih jus buah atau es kelapa, asli segeernya

    BalasHapus
  27. kalau saya terusterang jarang minum minuman kemasan, seringnya minum air putih. kuliah saja (kemanapun) pasti selalu bawa botol berisi air putih yang dimasak

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas artikel yang sangat menarik ini =))

    Agen Casino

    BalasHapus