Jumat, 20 Desember 2013

PAULO COELHO: VERONIKA MEMUTUSKAN MATI

Assalamu'alaykum wr wb sahabat blogger.

Kali ini saya ingin membahas sebuah buku yang pernah saya baca, bahkan sudah 5 kali kalau tidak salah. Jujur, Paulo Coelho adalah salah satu penulis favorit saya meskipun beliau adalah penulis yang berlatar belakang kristen katolik, untuk mengetahui kenapa saya suka dengan karya-karyanya silahkan baca DISINI. Paulo Coelho sekarang masih aktif menulis buku termasuk aktif ngeBlog, ngeTwitter, dan aktif update di fage Facebook nya. Buku beliau yang terbit baru-baru ini adalah ALEPH dan MANUSCRIPT FOUND IN ACRA. Manuscript Found In Acra belum sempat Tika beli, ada yang mau berbagi membelikannya? hehehe

Punya EtikaMaria
Silahkan cari mana yang berwajah buku


Menurut saya, buku sangat menarik (ya iyalah, penulisnya penulis favorit ku hehehe). Buku ini menggugat pemahaman awam kita tentang GILA, bahwa ketika seseorang melakukan hal-hal yang di luar kewajaran secara berlebihan maka itu dapat dikatakan seseorang itu gila. Salah satu contoh yang di tuturkan Paulo disini menggunakan kalimat khas nya adalah ketika dia mencoba untuk menggambarkan aktifitas pasien-pasien di sebuah rumah sakit jiwa dengan "sebagian besar orang duduk di depan televisi, ada pula yang melamun, bicara sendiri dengan suara pelan, namun siapakah orang yang tidak pernah melamun dan bicara sendiri dalam hidupnya?". 

Dalam buku ini Paulo mengajukan pertanyaan yang tajam: Apakah sesuatu dianggap normal melulu karena diikuti oleh mayoritas? Sikap jiwa macam apakah yang dapat membedakan mana yang benar-benar normal dan mana yang gila?

Veronika adalah tokoh utama yang berusaha bunuh diri, tapi tidak berhasil yang kemudian di rawat di sebuah rumah sakit jiwa dimana didalamnya banyak sekali orang-orang yang menurut veronika tidak gila tapi memilih untuk tinggal di rumah sakit jiwa. Pergulatan pikir dan diskusi banyak hal di alami veronika selama di rumah sakit jiwa tersebut. Tentang bagaimana menghargai diri, kebebasan, dan spiritualitas.

Ada banyak hal yang menjadi bahan perenungan dari kalimat-kalimat Paulo seperti "kalian punya dua pilihan; mengendalikan pikiran atau dikendalikan oleh pikiran. kalian sudah terbiasa dikendalikan oleh pikiran, membiarkan diri hanyut dalam ketakutan, kecemasan, rasa tidak aman, karena kita semua cenderung menghancurkan diri sendiri. jangan mencampuradukkan antara kegilaan dengan kehilangan kendali"

Dan pada akhirnya, ketika veronika kembali menemukan makna hidup, dengan mengatakan "Aku ingin hidup lagi, aku ingin berbuat kesalahan yang selama ini ingin kulakukan, tetapi tidak pernah berani kulakukan. menghadapi rasa panik yang tidak akan membuatku mati atau pingsan. aku akan mengumpulkan teman-teman dan mengajarkan cara menjadi gila agar mereka menjadi bijaksana. Akan ku katakan bahwa jika kamu hidup maka Tuhan akan hidup bersamamu. Kalau kamu tidak mau mengambil resiko itu maka Ia akan menjauh ke surga dan keberadaanNya menjadi bahasan spekulasi filsafat saja"


Ketika veronika mengatakan "aku ingin berbuat kesalahan yang selama ini ingin kulakukan tapi tidak berani kulakukan" itu mewakili penemuannya tentang bagaimana realita dari sebuah makna kebebasan. Dan ketika dia mengatakan lagi bahwa dia akan mengajarkan kepada teman-temannya cara menjadi gila agar menjadi bijaksana menandai bahwa dalam kalimat ini Paulo ingin membuat kita merenungkan kembali semua hal yang selama ini disebut normal dan gila dalam masyarakat.

Dan ketika aku selesai membacanya, saya menuliskan kalimat di sampul depan bagian dalam buku ini seperti biasa setelah menyelesaikan sebuah buku bacaan :

Ku temukan bahwa GILA adalah fenomena melenceng dari apa yang menjadi BENAR. Aku gila dan aku berada di rumah sakit jiwa yang bernama dunia dan hanya ada segelintir orang saja yang tidak gila. Salam atas Al Mahdi. ETIKA MARIA
Veronika Memutuskan Mati
Punya EtikaMaria
Membahas makna gila di buku ini, membuatku teringat dengan buku LAYLA MAJNUN, akan dibahas di postingan lain.

Catatan: Permohonan maaf saya kepada teman-teman Blogger semua karena dua hari ini saya hanya berkunjung ke beberapa blog. Berhubung karena jaringan saya sangat amat laload sekali, dan menunggu untuk terbukanya satu blog itu butuh waktu yang tidak sedikit. Jadi, mohon maaf jika saya belum sempat berkunjung!

Sekian,
Salam Etika,

43 komentar:

  1. kak boleh pinjem bukunya? kayaknya asyik tuh buku sampai2 kaka baca hingga 5x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis Mbak Dwi pinjem buku itu saya juga boleh
      Dong Mbak Maria pinjem Bukunya hhh :)

      Hapus
    2. kalau pinjem buku, jangan lupa dikembalikan ya ^^

      Hapus
    3. Tidak boleh pinjam harus sewa...

      Hapus
    4. Pinjem boleh, nanti di kirim...tp kirim biaya pengiriman yah :p

      Hapus
    5. Wah mau seneng Saya Mabak Maria eeh jadi berkerut lagi keningnya. kalau ada, Transpot kirimnya tar nanya Mbak Ririn dulu sama Mbak
      Indah mau pinjem duit soale hh saya lagi BB Alias Bokek berat hh

      Hapus
  2. yang tidak biasa pada umumnya kadang dianggap gila

    dan yg umum blom tentu benar, bisa saja itu yg gila

    bacanya butuh pnghayatan kyaknya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, namanya juga novel filsafat :)

      Hapus
  3. Kalo saya jelas nggak punya waktu untuk baca buku seperti itu mbak, maklum lah tiap hari harus berkutat di pasar hhh, tapi kalo ngeblog selalu ada

    mudah-mudahan saya nggak termasuk yang gila di dunia ini Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sesekali cari buku yang disenangi untuk dinikmati itu bermanfaat mas...menemani aktifitas di pasar hehehe

      Hapus
  4. jadi pegin punya tuh buku .... hehe

    BalasHapus
  5. pasti sangat filosofi sekali bukunya

    BalasHapus
  6. Kapan2 saya cari di Gramedia.pengen tau detail cerita nya.

    BalasHapus
  7. Keliahatanya buku bagus tuh, coba cari lah :D

    BalasHapus
  8. wuihhh,,,,udah baca 5x
    saya belum baca sama sekali ni,,,,

    BalasHapus
  9. Lama sekali saya ga baca buku novel mbak ... seingat saya, buku terakhir yg sy baca adalah tulisan Gabriel Garcia Marquez judulnya Sang Jenderal dan .... apa yah .. sy lupa ... jadi penasaran dengan Paulo Coelho saya ... :)

    BalasHapus
  10. Selamat Sore Mbak Maria. saya simak dan baca dengan seksama
    Saya belum tau sebelumnya buku yang di ceritakan Mbak Maria ini
    Sangat bermanfaat Mbak artikelnya . bisa membantu wawasan dan juga
    Pengetahuan saya. terima kasih sudah berbagi info menarik :)

    BalasHapus
  11. Hadeuh sudah lima kali baca, saya belum pernah sama sekali, lah wong ga punya bukunya hehe...

    Pasti sangat inspiratif sekali

    BalasHapus
  12. pilihan mengendalikan pikiran dan dikendalikan pikiran, itu inspiratif, tapi masih bingung dengan terminologi gila di buku itu, jadi penasaran pengin baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku2 Paulo Coelho menurut saya sangat inspiratif :)

      Hapus
  13. walaupun belum pernah membacanya di buku. tapi liat ringkasan cerita diatas, jadi bisa tau tentang isi bukunya

    BalasHapus
  14. wah saya malah jarang banget nih mbak baca-baca buku, lebih sering baca artikel di blog di internet hehehe :D
    sepertinya menarik isi bukunya. jadi penasaran deh ingin membaca nya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang punya kecenderungan masing-masing yah mbak Rin, selamat memberi manfaat buat kita,,, tapi tidak ada salahnya, coba kecenderungan yang lain, kali aja cocok... macem saya yg pembaca buku akhirnya jadi blogger juga :)

      Hapus
  15. Baru denger tentang bukunya, kayaknya seru hehe :D

    BalasHapus
  16. Kalau kita senyum sendiru ketika kita nonton cerita humor itu masih wajar yang tidak wajar kalau kita ta'ziah lalu kita tertawa pasti deh

    BalasHapus
  17. kalau saya paling ogah mbak, kalau suruh baca baca buku hehehehe

    BalasHapus
  18. Waduch bacanyaudah 5 kali ya mbk,jangan" uda ikutan .... Tu :D

    BalasHapus
  19. saya jadi makin penasaran dgn bukunya.. :)

    BalasHapus
  20. sepertinya seru banget nich buku nya. boleh pinjem nggak mbak hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbak rin, asal kirim ongkos buat kirim bukunya dulu hehehe :D

      Hapus
  21. Kalau kata Rasulullah SAW jauh untuk menjadi gila dunia dan takut mati :)

    BalasHapus
  22. waduh.. aku sendiri bingung, sebenarnya aku sedang gila atau waras... buku yg sangat menarik sob.. nice info... :)

    BalasHapus
  23. bukunya menarik, filosofis banget yaa....*kalo sy pake ngerutin dahi baca buku yg ginian mba...hehehe [alasan, asline males baca]

    BalasHapus
  24. Dalam buku ini akan banyak bahasa antologi yang mengesankan ya MBa ? he,, he,, he,,,,

    Salam,

    BalasHapus
  25. kalau masalah paulo coelho emang gak ada habisnya kang karya"nya

    BalasHapus
  26. Wah mbak saya juga penggemar paulo coelho. saya tau sejak masih smp lewat radio smart fm. dan baru kesampaian baca bukunya pas masuk kuliah. Tentu saja yang paling mengesankan adalah the alchemist :)

    kalau boleh tau buku paulo coelho yang keren apa saja mbak? seumur hidup baru baca the alchemist

    BalasHapus
  27. Penulis favorit bu guru maria.. Memang luar biasa..
    Tentang penyakit gila yang di tuturkanya.. Siiip..
    Ngomong" aku lihat gambar itu yang di toples.. Roda

    BalasHapus
  28. Terima kasih infonya :)
    http://bit.ly/1sUU8dl
    http://pour.pw/957597
    http://goo.gl/Ie7IEb
    Agen Bola

    BalasHapus
  29. Artikel yang menarik :))
    http://tinyurl.com/plzqfn6
    http://goo.gl/lNMX3D
    http://goo.gl/sCBswn
    Agen Casino

    BalasHapus