Kamis, 22 Maret 2012

"PAULO COELHO"

Paulo Coelho
                                  Paulho Coelho, sesosok penulis yang karya-karyanya sangat akrab di mata dan telingaku. Dia begitu menarik, karyanya banyak menginspirasi. Meskipun belum sempat membaca keseluruhan karyanya. Tertarik padanya setelah membaca karyanya yang berjudul "The Alchemist", dan itu membawaku untuk membaca karya yang lain di antaranya: Ditepi sungai Piedra Aku Duduk dan Tersedu, Lalu Veronika Memutuskan Mati, kemudian Brida, The Pilgrimage, The Devils and Myss Prim dan The Winner Stands Alone.

                                   Menurutku, Paulho Coelho dalam karya-karyanya selalu menampakkan sebuah realita tentang penjelajahan jiwa yang gelisah. Bercerita mengenai kegelisahan-kegelisahan dalam perjalanan spiritual, dan tak henti menggali sisi terdalam jiwa manusia. Mengungkap misteri-misteri "ada" dari bagaimana menyimak jiwa kita. 




                            Dan yang membuat saya sangat tertarik padanya adalah cara beliau menuturkan kisah dalam kalimat dengan diksi yang maknanya meloncat luar biasa, sangat sangat hidup. sosok yang eksentrik, dan berjiwa bebas, karya-karyanya buat saya sangat menantang segala prasangka kita, menggigit akal kita agar terbuka untuk berpikir.

                            Kisah-kisah yang dituturkan paulo Coelho adalah kisah pengembaraan jiwa, mengajarkan bagaimana kita sebaiknya memperlakukan diri kita. bagaimana memaknai alam dengan jiwa, dan bagaimana mencerna perjalanan kehidupan dengan segala titik baliknya. Karya-karyanya memukau dan menginspirasi orang di seluruh dunia untuk melihat lebih dari hal yang biasa menuju hal yang menakjubkan.

                         Paulo Coelho adalah salah satu penulis yang berani mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan "pamali" untuk digugat, kemudian dituturkan dalam bentuk novel yang sama sekali tidak membosankan. itu menurut saya... karena bagi saya, novel yang membosankn itu adalah novel yang didalamnya terdapat dialog yang monoton dan terkesan "sekedar mengisi halaman". silahkan baca karyanya jika anda mau tahu selebihnya tentang beliau ^_^



                                
                                   Karya-karyanya yang sangat saya sukai adalah: The Alchemist, Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Tersedu, Brida, dan The Devil and Miss Prym... dan saat ini saya sangat berharap bisa membaca: The Witch Of Portobello, The Zahir, The Fifth Mountain, Eleven Minutes, The Manual of the Warrior of Light, The Genie and the Roses dan yang terbaru belum ada versi indonesianya adalah Aleph... kalau ada yang mau memberinya dengan ikhlas ke saya, alhmdulillah yah, terimakasih... pasti saya terima dengan senang hati  ^_^


SaLam Etika!!

5 komentar: