Minggu, 04 Maret 2012

MARIA DAN SABDA CINTA


MARIA...
MARIA adalah sebuah nama yang sangat erat kaitannya dengan kristen, namun sejauh yang saya pahami adalah MARIA dan MARYAM merupakan satu sosok yang di tunjuk dalam satu nama. dan saya akan lebih leluasa untuk menyebutnya Maria pada tulisan ini.

Kita ketahui bersama bahwa yang disebut Maria dalam pahaman umat Kristiani, yaitu seorang perempuan yang telah melahirkan sosok manusia luar biasa dan dikenal dengan nama Isa (As). Demikian juga dalam pahaman umat Islam, Maryam telah melahirkan seorang Nabi yang telah mengguncang pintu akal dan spiritual umat manusia dengan mukjizat kenabiannya. Pembicaraan saya ini terlepas dari Isa adalah seorang anak tuhan atau kah seorang Nabi. Sehingganya kali ini saya sangat setuju dengan kalimat yang mengatakan bahwa apalah arti sebuah nama (shakespear) jika objek yang kita maksudkan itu sama.

Maria adalah Maryam, dan Maryam adalah Maria

TRAGEDI MARIA...

Saya menyebutnya tragedi, karena kisah Maria merupakan sebuah drama kehidupan yang ada secara nyata. Dimana beliau dalam hidupnya memikul amanah yang hampir mustahil untuk diterima akal sehat, dan tentunya menimbulkan gelombang besar menghempas di wajah nya yang suci. Sangat memilukan dan menyayat hati sesiapa yang membacanya.

Perempuan yang kesehariannya "nongkrong" di mihrabnya, tak tersentuh bahkan tak terlihat oleh mata liar para lelaki seketika mengandung seorang anak dalam rahimnya. semua mata seketika tercengang dan memandang rendah kepadanya, sang Perempuan Suci telah "ternoda" di sudut bumi.

Cercaan, makian, cemoohan dan sikap tidak manusiawi diterimanya akibat menanggung amanah suci Ilahi. hanya segelintir saja orang2 yang mempercayainya. Sang Perempuan Suci tersungkur dalam syair duka  cinta di mihrabnya yang baru.

Fitnah telah menjadi jubah cintanya, cercaan telah menjadi selendang kerinduannya, hingga Mataharinya menampakkan sinar pertama ke bumi dengan kelahirannya. Isa (As) Sang Penawar duka cinta hadir menerangi bumi dengan sabdanya yang membangunkan mata terpejam, dari kebodohan dan kebencian.

SABDA CINTA
Perjalanan hidup Maria mengandung Isa (As) hingga melahirkannya (silahkan baca kisah lengkapnya), adalah sebuah sabda nyata tentang cinta. Sebuah kisah akan ketulusan penerimaan pada apa yang telah digariskan,  meskipun itu adalah sesuatu yang diluar kemampuan hati. Rela mengalami penderitaan dengan fitnah dan cercaan penduduk bumi demi kesetiaan pada Dia, dan tak ada yang berharga mahal bagi hati yang mencinta.

hem...sudah buntu, di akhiri saja deehhh
kaLo ada yang mau meneruskan, siLahkan...

dengan senang hati saya menerimanya, hehehe :)
dan maaf jika tidak iLmiah....


saLam Etika..

3 komentar: